14 Orang Tewas Dalam Baku Tembak Antara Kartel Narkoba Meksiko Dengan Polisi

Posted by

14 Orang Tewas Dalam Baku Tembak Antara Kartel Narkoba Meksiko Dengan Polisi – Pertempuran pecah antara pasukan keamanan melawan kartel narkoba Meksiko. Baku tembak terjadi selama satu jam di kota Villa Union yang tidak jauh dari perbatasan Amerika Serikat (AS) dan Meksiko. Dalam peristiwa itu, 14 orang dilaporkan tewas.

14 Orang Tewas Dalam Baku Tembak Antara Kartel Narkoba Meksiko Dengan Polisi
14 Orang Tewas Dalam Baku Tembak Antara Kartel Narkoba Meksiko Dengan Polisi

Dilaporkan Fox 10, polisi bergerak karena kelompok bersenjata menyerang kantor-kantor pemerintahan lokal. Anggota kartel masuk ke Villa Union dengan konvoi truk. Kota Villa Union hanya berpenduduk 3.000 orang.

Gubernur Coahuila Miguel Angel Riquelme menyebut empat orang yang tewas merupakan petugas kepolisian. Sedangkan 10 lainnya diduga anggota Kartel Timur Laut.

Video-video beredar di media sosial ketika asap hitam melambung tinggi suara peluru yang memekakan telinga terdengar di TKP. Warga pun diimbau agar tetap berada di dalam ruangan.

Gubernur Riquelme menuturkan, pasukan keamanan juga akan menetap di kota selama beberapa hari untuk mengembalikan rasa keamanan. Pemerintah juga memberikan pernyataan bahwa mereka akan terus waspada terhadap serangan kartel.

“Kelompok-kelompok ini tidak akan dibiarkan masuk ke wilayah negara bagian,” demikian pernyataan pemerintah Coahuila.

Penangkapan Putra Gembong Narkoba Meksiko

Sebulan lalu, peristiwa nahas yang melibatkan kartel narkoba juga terjadi di Meksiko. Sembilan orang warga AS tewas dalam serangan itu. Presiden AS Donald Trump pun bereaksi dan menyatakan akan memasukan kartel Meksiko ke dalam daftar teroris.

Pada Oktober lalu, pertempuran hebat pecah di bagian utara Meksiko setelah pasukan keamanan menangkap salah satu putra gembong narkoba yang dipenjara Joaquín Guzmán alias El Chapo.

Pertempuran itu berkecamuk selama beberapa jam setelah Ovidio Guzmán López ditemukan selama patroli rutin di Kota Culiacán.

Cuplikan di TV Meksiko menunjukkan orang-orang bersenjata berat menembaki polisi dari dalam kendaraan. Jasad dan barikade yang terbakar berserakan di seberang jalan.

“Guzmán kemudian dibebaskan – untuk menghindari kekerasan lebih lanjut,” kata pihak berwenang. seperti dikutip dari BBC.

Menteri Keamanan Meksiko, Alfonso Durazo, mengatakan patroli Polisi Militer Nasional mendapat serangan keras dari dalam rumah tempat putra El Chapo ditahan, memaksa mereka untuk mundur demi keselamatan mereka sendiri.

“Guzmán ditangkap tetapi kemudian dibebaskan, untuk menghindari lebih banyak kekerasan di daerah itu demi nyawa personel kami dan memulihkan ketenangan di kota”, papar Durazo.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengatakan dia akan menunda pertemuan dengan kabinet keamanan untuk membahas insiden itu.

Obrador terpilih dengan janji menindak kartel narkoba Meksiko, dan telah menugaskan pasukan keamanan baru, Garda Nasional, untuk memerangi mereka.

Posted By Idntodays

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *