30 Jam Menempuh Jarak Jauh Hanya Untuk Memotret Suku Huaorani

Posted by
30 Jam Menempuh Jarak Jauh Hanya Untuk Memotret Suku Huaorani
30 Jam Menempuh Jarak Jauh Hanya Untuk Memotret Suku Huaorani

idntodays  30 Jam Menempuh Jarak Jauh Hanya Untuk Memotret Suku Huaorani jauh di dalam hutan Amazon Ekuador ada sebuah kehidupan yang di tempati oleh suku Huaorani dan ini membuat seorng fotografer Trupal Pandya tertarik pada dirinya untuk mengambil potret para suku Huaorani.

Fotografer Trupal Pandya menempuh perjalanan sekitar 30 jam melalui jalur udara, air dan darat untuk mencapai pada komunitas pribumi ini dan hanya untuk mengambil potret mereka.

Huaorani, yang berarti “rakyat” atau “manusia”, yang diyakini telah mendiami hutan hujan selama ribuan tahun. Sampai sekitar tahun 1960an, mereka tidak pernah memiliki kontak, pergaulan dan pengenalan dengan dunia luar.

Pandya mengatakan ada kontras antara modernisasi dan generasi muda, yang melakukan perjalanan ke daerah-daerah di luar komunitas mereka, dan generasi yang lebih tua, yang melakukan upaya untuk mempertahankan cara hidup tradisional mereka.

Berbagai perubahan telah terjadi di dalam masyarakat pada pengenalan radio di banyak rumah Huaorani, konsumsi makanan dari kota-kota dan adopsi pakaian kebarat-baratan. Bagi Pandya, perubahan ini merupakan faktor penting dalam keputusannya untuk memotret Huaorani.

30 Jam Menempuh Jarak Jauh Hanya Untuk Memotret Suku Huaorani

Alasan terbesar adalah pergi ke sana dan memotret perubahannya sebelum semuanya akan berubah, kata Pandya, Saya pikir jika saya mau (memotret Huaorani) 10 tahun kembali kemudian atau sedikit lebih awal dari itu, saya rasa saya tidak akan mendapatkan apa yang baru saja saya dapatkan.

Aspek lain dari modernisasi berkaitan dengan bahasa. Banyak Huaorani, yang selama bertahun-tahun hanya berkomunikasi menggunakan dialek regional, sekarang berbicara bahasa asli Ekuador bahasa Spanyol.
Pandya berbicara bahasa Inggris, jadi dia membutuhkan penerjemah untuk berinteraksi secara efektif. Tapi jelas dari pengalamannya dengan Huaorani, tindakan itu tentu saja tidak hanya bisa berbicara lebih keras daripada kata-kata, tapi lebih efektif daripada kata-kata saat mencoba menyampaikan maksud seseorang.

Saya tidak pernah memotret saat melihat (Huaorani) dulu, katanya, Saya bahkan tidak memiliki kamera saya, saya menunggu untuk membiarkan mereka terbiasa dengan saya di sekitar mereka Saya memberi diri saya waktu untuk sedikit lebih mudah di sekitar mereka Bahkan jika Anda tidak dapat berbicara dalam bahasa yang sama, saya merasa bahwa Anda benar-benar terhubung kepada mereka sebagai manusia.

30 Jam Menempuh Jarak Jauh Hanya Untuk Memotret Suku Huaorani

Sebelum membuat potret formal menggunakan peralatan dan penerangan kamera profesionalnya, Pandya mengambil foto Polaroid dari Huaorani yang kemudian dapat mereka simpan.

Saya pikir beberapa dari mereka melihat Polaroid untuk pertama kalinya, jadi mereka benar-benar senang melihat diri mereka seperti itu,” kata Pandya.

Untuk potret formalnya, Pandya menempatkan rakyatnya di depan latar belakang putih yang solid untuk menggambarkan Huaorani dengan cara yang sangat langsung dan ringkas, sehingga menghilangkan adanya gangguan.

Alasan utamanya adalah hanya fokus pada orang-orang dan pakaian mereka dan tidak ada yang lain kecuali mereka sebagai individu, mereka sebagai manusia,” katanya.

Keputusan Pandya untuk menggunakan latar belakang putih juga terbukti efektif dalam menyoroti koeksistensi antara Huaorani dan berbagai jenis hewan yang mereka temui setiap hari di lingkungan alami mereka.

Menciptakan potret Huaorani telah menjadi pengalaman “menarik dan menantang” bagi Pandya, yang sedang belajar fotografi di New York di Fashion Institute of Technology.

Setelah menyaksikan secara langsung kesederhanaan di mana Huaorani hidup selaras dengan lingkungannya, Pandya mengatakan bahwa dia menemukan dirinya berpikir dan merenungkan apa artinya benar-benar puas dan puas dengan kehidupan.

“Saya pikir pertanyaan yang saya tanyakan pada diri saya adalah ‘Siapa yang lebih kaya? dia berkata Ini adalah kurva belajar yang sangat besar tentang bagaimana menjalani hidup normal yang sangat indah.

Ditulis Oleh – Dirga idntodays

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *