4 Alasan Ilmiah Suasana Pantai Baik untuk Kesehatan Mental.

Posted by

4 Alasan Ilmiah Suasana Pantai Baik untuk Kesehatan Mental Pantai selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi kebanyakan orang.

4 Alasan Ilmiah Suasana Pantai Baik untuk Kesehatan Mental.
4 Alasan Ilmiah Suasana Pantai Baik untuk Kesehatan Mental.

4 Alasan Ilmiah Suasana Pantai Baik untuk Kesehatan Mental. Pantai dinilai memiliki efek menenangkan pada jiwa. Suara debur ombak akan memicu ketenangan.

Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah pantai disebut-sebut sangat baik untuk otak karena membuat perasaan dan pikiran menjadi bahagia, tenang, dan kembali bersemangat.

Berada di bibir pantai sambil menikmati pemandangan yang ada juga bertelanjang kaki di atas pasir pantai, ini dipercaya bisa meningkatkan kreativitas. Ini juga bisa bikin otak makin cerdas dan terhindar dari risiko demensia.

Berada di tepi pantai bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda. Berikut adalah beberapa fakta ilmiah yang menjelaskan mengapa pantai baik untuk kesehatan mental

  • Warnanya biru

Warna biru laut erat kaitannya dengan nuansa tenang dan damai. Terlebih suara deburan ombaknya ternyata mampu mengaktifkan sistem saraf, sehingga membuat kita lebih rileks. Hal inilah yang orang rindukan setelah menjalani hari-hari yang penuh tekanan.

  • Efek Bioklimat

Ada cabang kedokteran yang disebut klimatoterapi yang mempelajari efek bioklimat yang berbeda pada tiap manusia.

Menurut sebuah penelitian oleh University of Milan, iklim kelautan, ditandai dengan peredaran udara dan radiasi ultraviolet yang kuat sepanjang tahun.

  • Ombak

Suara ombak yang menenangkan dan pemandangan indah menawarkan ruang tersendiri di kepala Anda. Pantai dapat menjadi tempat yang sempurna bagi anda untuk menjernihkan pikiran dan menemukan gairah atau hobi baru anda.

suara ombak putih yang pecah di bebatuan membuat otak kita rileks dan merangsang produksi bahan kimia seperti serotonin dan dopamin yang terasa menengangkan di tubuh kita.

  • Terhubung dengan Alam

Dengan berjalan tanpa alas kaki di atas pasir, seseorang dapat menciptakan koneksi yang baik dengan Bumi dan alamnya.

Selain itu, kaki memiliki banyak ujung saraf, itulah sebabnya berjalan jauh di pantai memiliki efek menguntungkan tidak hanya pada kaki tetapi pada seluruh tubuh.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *