4 JENIS KANKER YANG DISEBABKAN HUMAN PAPILLOMAVIRUS (HPV)

Posted by

4 JENIS KANKER YANG DISEBABKAN HUMAN PAPILLOMAVIRUS (HPV)

IDN – 4 JENIS KANKER YANG DISEBABKAN HUMAN PAPILLOMAVIRUS (HPV) , HPV atau human papillomavirus sangat umum. Menurut CDC, hampir semua pria dan wanita yang aktif secara seksual tertular virus ini setidaknya sekali dalam hidup mereka. Namun, sangat sedikit orang yang benar-benar menyadari infeksi tersebut, karena mereka hanya memiliki sedikit informasi tentang HPV.

Sementara penelitian yang berlangsung selama bertahun-tahun untuk menemukan vaksin melawan HPV, akhirnya ditemukan beberapa tahun yang lalu. Namun, sebuah laporan baru-baru ini menemukan bahwa banyak yang belum menyadari manfaat vaksin tersebut, termasuk penggunaannya untuk mencegah kanker.

Menurut CDC, sekitar 79 juta orang di AS terinfeksi HPV, dengan sekitar 14 juta kasus baru setiap tahun. Angka-angka ini menunjukkan bahwa hanya sedikit yang mengetahui tentang vaksin. HPV adalah virus berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker di berbagai organ dan bagian tubuh. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang penyakit yang disebabkan oleh HPV, untuk mendorong Anda mendapatkan vaksin HPV.

4 JENIS KANKER YANG DISEBABKAN HUMAN PAPILLOMAVIRUS (HPV)

Berikut penyakit yang dapat disebabkan oleh HPV seperti dilansir dari Times IDN News.

1. Kanker serviks
Kanker serviks mempengaruhi bagian paling bawah dari rahim, serviks. Saat terkena HPV, sistem kekebalan tubuh mencoba melawan virus. Namun, dalam banyak kasus, virus tidak sepenuhnya terbunuh dan dapat bertahan di serviks selama bertahun-tahun, menyebabkan sel-sel berubah menjadi kanker. Skrining dan vaksinasi berkala terhadap virus HPV dapat membantu mengurangi risiko kanker serviks.

2. Kanker vulva
Kanker vulva adalah jenis kanker yang dimulai pada permukaan luar alat kelamin wanita. Vulva adalah area kulit yang mengelilingi uretra dan vagina. Kanker sebagian besar dimulai dengan munculnya benjolan dan dapat menyebabkan gatal. Meskipun bisa terjadi pada usia berapa pun, namun kanker jenis ini lebih sering terjadi pada wanita yang lebih tua.

Risiko kanker vulva ditentukan oleh merokok, kekebalan lemah, kondisi kulit dan lain-lain. Faktor risiko lain yang menentukan risiko adalah paparan papillomavirus pada manusia. Terinfeksi HPV, kebanyakan virus hilang dengan sendirinya pada banyak orang. Namun jika terinfeksi HPV, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena kanker vulva.

3. Kanker penis
Kanker penis adalah jenis kanker langka yang dimulai pada sel-sel kulit penis tetapi dapat menyebar ke bagian dalam juga. Cairan yang terperangkap di kulit khatan, yang tidak bisa dihilangkan telah dikaitkan dengan pertumbuhan sel kanker di organ. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tertular HPV dapat meningkatkan risiko kanker penis pada pria.

4. Kanker dubur
Kanker anal terjadi ketika sel-sel ganas terbentuk di jaringan anus. Tabung anal adalah tabung kecil di ujung rektum tempat tinja membentuk tubuh Anda dilepaskan. HPV sangat erat kaitannya dengan kanker dubur. Bukti human papillomavirus telah terdeteksi pada sebagian besar kasus kanker dubur. Infeksi HPV diketahui sebagai penyebab paling umum dari kanker dubur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *