5 Tips Atasi Bahaya Kabut Asap

Posted by

idntodays – 5 Tips Atasi Bahaya Kabut Asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda sebagian wilayah di Sumatera dan Kalimantan tak hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Lebih dari itu, kabut asap tebal yang tak kunjung hilang ini membuat berbagai aktivitas menjadi terhambat.

Banyak orang yang memilih untuk membatasi diri keluar rumah agar terhindar dari kabut asap. Namun, sebagian lainnya tetap harus melakukan rutinitas harian seperti bekerja dan sekolah.

5 Tips Atasi Bahaya Kabut Asap

Nah, berikut 5 Tips Atasi Bahaya Kabut Asap untuk kamu yang harus tetap aktif dan produktif di tengah kepungan kabut asap yang tak kunjung habis:

Minum Air Mineral serta Makan Buah dan Sayur

Fakta bahwa air mineral sangat baik bagi tubuh sudah tak diragukan lagi. Dengan meminum air putih yang cukup, tubuh tidak akan dehidrasi karena suhu udara yang panas akibat karhutla. Selain itu, air putih juga bisa sebagai alat untuk mengeluarkan toksin di dalam tubuh yang terbawa oleh kabut asap. Buah dan sayur yang tinggi serat juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan membuat tubuh terasa lebih bugar. Vitamin serta antioksidan yang terdapat dalam buah dan sayur bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap virus dan penyakit yang terbang bebas di udara yang tercemar. 5 Tips Atasi Bahaya Kabut Asap

Konsumsi Multivitamin

Kabut asap akibat karhutla memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Orang yang terlalu banyak terpapar kabut asap berisiko terkena penyakit pernapasan, alergi, peradangan, infeksi hingga penyakit berbahaya lainnya. Dengan mengkonsumsi multivitamin, setidaknya tubuh akan meningkatkan lapisan imunitas yang dapat mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

Periksa Kesehatan

Selain pencegahan dari diri sendiri, masyarakat juga wajib memeriksakan kesehatan tubuhnya. Sebab, penyakit-penyakit yang lebih parah biasanya akan datang secara bertahap. Sehingga, jika merasa tubuh kurang nyaman,masyarakat diimbau untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas-fasilitas kesehatan setempat. Jangan tunggu sampai parah untuk datang kepuskesmas atau rumah sakit.

Batasi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Meski harus beraktivitas di tengah kabut asap, masyarakat harus tetap waspada terhadap keselamatan di perjalanan. Kabut asap yang cukup tebal bisa mengganggu penglihatan, sehingga akan sangat berbahaya jika menggunakan kendaraan bermotor. Batasi penggunaan kendaraan, atau jika memang harus mengendarai kendaraan bermotor, melajulah dengan kecepatan lambat agarselamat hingga tujuan.

Gunakan Masker

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari di tengah kepungan asap, masyarakat wajib menggunakan masker. Masker yang ideal untuk kondisi asap karhutla adalah tipe N95. Kelebihan dari masker N95 adalah perlindungannya yang tinggi jika digunakan dengan benar dan tidak bocor.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *