6 Langkah Cara Atur Keuangan dengan Gaji Hanya Rp 4 Jutaan

Posted by

6 Langkah Cara Atur Keuangan dengan Gaji Hanya Rp 4 Jutaan

Idntodays.com – 6 Langkah Cara Atur Keuangan dengan Gaji Hanya Rp 4 Jutaan, Siapa sih yang enggak ingin punya gaji besar? Tapi sayangnya bisa punya gaji besar itu tak semudah seperti yang dibayangkan.

Sebab pihak perusahaan juga memiliki sejumlah kebijakan dalam menetapkan besaran gaji karyawannya.

Lalu, bisakah Anda mengelola keuangan dengan baik jika ternyata Anda hanya memiliki gaji di Rp 4 jutaan saja?

Memenuhi semua kebutuhan dengan gaji Rp 4 jutaan tentu bukan pekara sulit jika sejak awal Anda terbiasa mengelola keuangan dengan ketat. Cara mengelola keuangan akan sangat memengaruhi kualitas kehidupan Anda.

Simak beberapa langkah mudah berikut ini, yang bisa Anda lakukan untuk mengelola gaji hanya Rp 4 jutaan dengan baik seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (17/11).

1. Susun Anggaran Keuangan yang Tepat

Apapun yang dibutuhkan dan akan dipenuhi dengan gaji Anda, pastikan sudah memiliki anggaran keuangan sejak awal. Anggaran keuangan akan membantu Anda

mengalokasikan setiap sen uang dengan cara yang tepat, sehingga berbagai kebutuhan bisa terpenuhi dengan sangat baik.

Susunlah anggaran keuangan yang tepat dan ketat, di mana berbagai pos pengeluaran penting menjadi prioritas dan bisa terpenuhi dengan baik.

Pastikan setiap pos di dalam anggaran berimbang dan masuk akal. Sehingga bisa membuat kebutuhan Anda berjalan dengan baik dan lancar.

Bukan hanya disusun saja, Anda juga perlu menjalankan anggaran keuangan ini. Jika perlu, lakukanlah evaluasi secara berkala di dalam anggaran tersebut, agar bisa tetap berjalan baik dan sesuai dengan harapan Anda.

6 Langkah Cara Atur Keuangan dengan Gaji Hanya Rp 4 Jutaan

2. Selalu Sisihkan Tabungan

Jangan lupa untuk selalu menyisihkan sejumlah tabungan setiap bulannya minimal 10-20 persen dari gaji bulanan yang Anda terima. Tabungan akan menjadi komponen penting di dalam keuangan.

Sebab dana ini kelak bisa Anda alokasikan untuk berbagai kebutuhan yang mendesak. Selalu sisihkan uang tabungan ini dengan segera, sesaat setelah Anda menerima gaji bulanan.

3. Memiliki Dana Darurat

Dengan gaji di sekitar Rp 4 jutaan, Anda tetap harus memiliki sejumlah dana darurat di dalam keuangan Anda. Dana darurat ini akan menjadi ‘penyelamat’ Anda di masa-masa yang sulit.

Jika Anda mengalami kondisi darurat dan membutuhkan sejumlah dana dalam waktu yang cepat. Jumlah dana darurat ini setidaknya Anda buat minimal 6 hingga 12 kali gaji bulanan Anda.

4. Prioritaskan Kebutuhan Pokok

Ketika memenuhi berbagai kebutuhan bulanan, pastikan Anda selalu memprioritaskan berbagai kebutuhan pokok. Anda perlu mengalokasikan sejumlah dana untuk berbagai kebutuhan prioritas ini.

Seperti biaya makan, transportasi, kontrakan, tagihan listrik dan air, biaya sekolah anak, serta lainnya. Jika semua kebutuhan pokok ini terpenuhi dengan baik, maka kehidupan Anda akan berjalan dengan normal dan baik, serta tidak ada kendala sepanjang bulan.

5. Jangan Lupa Memiliki Asuransi

Pastikan Anda dan anggota keluarga lainnya memiliki layanan asuransi, terutama kesehatan. Biaya berobat tidak bisa dikatakan kecil, sehingga Anda perlu mengatasi hal ini dengan baik sejak awal.

Selain menjaga kesehatan dengan baik, membeli polis asuransi adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan layanan asuransi, maka berbagai resiko di dalam kesehatan akan terlindungi dengan baik.

6. Lakukan Penghematan

Berapapun besar gaji Anda, pastikan selalu hemat ketika menggunakannya. Pola hidup hemat ini akan membuat keuangan Anda menjadi lebih sehat dan bebas masalah.

Dibuat oleh – Idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *