9 Penyebab Anak Tak Mau Makan yang Jadi Perhatian sebagai orangtua

Posted by
Hasil gambar untuk kid not eat

idntodays.com – Tantangan yang umum dialami orangtua adalah pada kondisi anak yang tidak mau makan.

Hal ini merupakan masalah yang sangat biasa dialami oleh orangtua dan sering membuat mereka kelabakan.

Hilangnya selera makan ini umum terjadi pada anak usia dua hingga lima tahun. Tentu saja hal ini bisa jadi masalah bagi orangtua terutama ketika anak enggan makan dalam waktu lama.

Walau hal ini biasa terjadi, namun ketika berat dan tinggi badan sudah tidak normal, maka perlu perhatian lebih dari orangtua. Ketika masalah ini terjadi pada usia lebih tua dan hilangnya selera makan ini terjadi secara tiba-tiba, maka orangtua perlu ekstra waspada.

Mengetahui penyebab hilangnya selera makan ini bisa membantu dalam memecahkan masalah ini. Dilansir dari Mom Junction berikut sejumlah hal yang menyebabkan hilangnya selera makan pada anak.

1. Pertumbuhan yang Melambat

Enggannya anak untuk banyak makan pada usia dua hingga lima tahun biasa terjadi karena pertumbuhan mereka yang melambat. Hal ini biasa dialami karena pada setahun awal, anak bakal tumbuh secara pesat dan makan banyak sebelum kemudian melambat pada usia dua tahun.

2. Sakit

Sakit yang dialami anak bisa menyebabkan hilangnya selera makan secara signifikan. Ketika anak mengalami radang tenggorokan, flu perut, diare, sakit kepala, demam, atau penyakit lain, maka selera makan mereka bakal menurun dan mereka makan lebih sedikit.

3. Stres

Stres bisa menimbulkan dampak negatif, termasuk menurunnya nafsu makan. Tanda stres ini biasanya juga disertai dengan kesulitan tidur yang mereka alami. Sangat penting untuk mengetahui penyebab stres ini dan menemukan pemecahan masalahnya.

4. Depresi

Depresi pada anak-anak sering disalahpahami sebagai kesedihan dan menjadi biang keladi hilangnya nafsu makan. Depresi yang dialami ini tidak hanya membuat anak menjadi sedih namun juga bisa mengganggu kehidupan normal mereka. Hal ini juga bisa ditandai dengan perubahan pola makan serta kurangnya minat pada aktivitas yang sebelumnya biasa dilakukan.

5. Anoreksia Nervosa

Masalah ini bisa dialami anak-anak ketika mereka ingin meniru idola mereka dan mulai pilih-pilih makanan. Pada anak-anak, hal ini bisa menyebabkan ketidakimbangan genetik dan menurunnya berat badan akibat anoreksia. Hal ini juga bisa ditandai dengan anak yang menghindari makanan tertentu dan berolahraga lebih keras dibanding biasanya.

6. Obat-Obatan Tertentu

Pemberian obat tertentu terutama antibiotik pada anak-anak mungkin berdampak pada selera makan mereka. Sejumlah obat-obatan lain juga bisa menjadi penyebab menurunnya selera makan.

7. Anemia

Anemia merupakan penyebab lain dari menurunnya selera makan anak-anak. Hal ini bisa membuat anak tampak letih, lelah, dan lesu, sehingga jika tidak lekas diatasi, hal ini bisa berdampak pada perkembangan anak dan performa mereka di sekolah.

8. Cacingan

Cacingan bisa menyebabkan masalah selera makan pada anak-anak. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya parasit dalam tubuh, pendarahan internal, hilangnya selera makan, serta disentri. Obat cacingan bisa jadi cara untuk mengatasi masalah ini dan membantu anak memperoleh anfsu makannya kembali.

9. Konstipasi

Pencernaan yang tak lancar pada anak bisa berujung pada konstipasi dan menurunnya selera makan. Pencernaan yang tak lancar ini bisa disebabkan sejumlah hal seperti didikan orangtua yang terlalu keras, makanan yang diberikan, status sosioekonomik, serta ketakutan mencoba makanan baru.

Secara rata-rata, hilangnya selera makan pada anak ini merupakan hal yang biasa terjadi pada usia tertentu. Namun ketika hal ini terjadi dalam waktu lama dan berdampak buruk, sebaiknya segera minta pertolongan dari dokter untuk menanganinya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *