AS Mengirim Armada Kapal Induk Dan Pesawat Pembom ke Timur Tengah

Posted by

AS Mengirim Armada Kapal Induk Dan Pesawat Pembom ke Timur Tengah

AS Mengirim Armada Kapal Induk Dan Pesawat Pembom ke Timur TengahPenasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, John Bolton, menyatakan mengirim armada serang dengan kapal induk dan sejumlah pesawat pembom ke Timur Tengah.AS Mengirim Armada Kapal Induk Dan Pesawat Pembom ke Timur Tengah

Dia mengklaim hal itu dilakukan untuk menekan Iran supaya tidak macam-macam

dengan pasukan dan sekutu AS di Timur Tengah, jika tidak ingin diserbu.AS Mengirim Armada Kapal Induk Dan Pesawat Pembom ke Timur Tengah

“Amerika Serikat mengirim kapal induk USS Abraham Lincoln dan armada serangnya, serta pesawat pembom ke Komando AS di Timur Tengah untuk mengirim pesan yang jelas dan tidak disalahartikan oleh rezim Iran, yakni setiap serangan terhadap kepentingan dan sekutu AS akan kami balas

Bolton beralasan pengerahan armada tempur itu diambil dengan alasan ada peningkatan ancaman terhadap pasukan AS dan sekutu mereka di Timur Tengah. Seorang pejabat AS menyatakan kebijakan itu bertujuan membuat Iran gentar, karena ada indikasi mereka akan menyerang pasukan AS.

Bolton adalah salah satu pejabat yang bersikap keras terhadap Iran. Hal ini menambah panjang daftar perselisihan AS dan Iran.

Presiden AS, Donald Trump, tahun lalu memutuskan membatalkan sepihak kesepakatan nuklir dengan Iran. Dia berdalih Iran tetap mengembangkan program persenjataan peluru kendali mereka.

Trump juga memasukkan Korps Garda Revolusi Iran ke dalam daftar kelompok teroris. Beberapa waktu lalu

Trump juga menerapkan sanksi kepada negara-negara yang masih membeli minyak dari Iran.

“Amerika Serikat tidak ingin berperang dengan rezim Iran, tetapi kami bersiaga penuh untuk menghadapi serangan apapun, baik dari kelompok yang terkait, Garda Revolusi, atau pasukan reguler Iran,” ujar Bolton.

Iran menyatakan tidak bersedia tunduk atas permintaan AS untuk menghentikan program pengembangan peluru kendali.AS Mengirim Armada Kapal Induk Dan Pesawat Pembom ke Timur Tengah

Akan tetapi, diperkirakan perekonomian mereka akan kembali terpukul dengan penerapan sanksi pembelian minyak.

Di sisi lain, Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani, menyatakan mereka akan tetap melanjutkan program pengayaan uranium yang ditentang AS. Menurut dia, ada celah dalam kesepakatan nuklir dengan AS yang bisa dimanfaatkan.

“Di dalam perjanjian nuklir, Iran bisa mengembangkan air berat (heavy water) dan ini bukan pelanggaran terhadap perjanjian itu. Maka dari itu kami akan melanjutkan kegiatan pengayaan uranium,” kata Ali seperti dikutip kantor berita semi resmi Iran, ISNA.

Ditulis Oleh – Feli idntoday

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *