Bantuan untuk Rohingya untuk Indonesia Tiba di Bangladesh

Posted by

Bantuan yang diberikan dari Indonesia untuk pengungsi Rohingya, tiba di Bangladesh dari Rakhine State, Myanmar. Bantuan tersebut diangkut oleh pesawat Hercules A 1316 dan tiba di bandara internasional Shah Amanat, Cittagong, Bangladesh tepatnya pada hari Kamis kemarin (14/9), waktu setempat.

Kondisi di Pengungsian Memprihatinkan

Dubes Indonesia untuk Bangladesh, Rina Soemarno, menyambut secara langsung bantuan itu dengan didampingi oleh perwakilan dari Pemerintah Bangladesh. Ia pun lantas langsung menyerahkan bantuan pada pemerintah Bangladesh yang mana diwakili oleh District Commisioner Chittagong Md Zillur Rahman Chowdhury. Rina yang dimintai keterangan pada Jumat, 15 September 2017, mengatakan bahwa ia sangat senang menerima bantuan ini. “Sangat senang ya menerima kiriman bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Bangladesh.”

Menurutnya, setelah diterima oleh pemerintah Bangladesh, selanjutnya bantuan-bantuan tersebut akan didistribusikan ke kota Coxs Bazar, di mana para pengungsi Rohingya berkumpul. Kota itu adalah wilayah paling dekat dengan daerah pengungsi yakni sekitar 170 km dari Chittagong. Rina yang sudah pernah mengunjungi Coxs Bazar mengatakan bahwa kondisi di sana sangat memprihatinkan. Para penggungsi hanya menggunakan tenda untuk berlindung. Ia menilai bahwa tenda-tenda pengungsi cukup mengundang keprihatinan. Dan selain melebihi kapasitas, tempat perlindungan itu juga dibangun secara asal-asalan. “Hanya didukung dengan tenda bambu. Kalau kena hujang angin atau angin saja, tendanya akan terbang,” ujarnya.

Secara resmi, bantuan Indonesia untuk Rohingya dikirim pada hari Rabu (13/9) lalu. presiden Jokowi secara langsung memimpin pengiriman bantuan tersebut yang diterbangkan ke 4 pesawat. Bantuan yang sudah diterima adalah bagian dari bantuan dalam 2 pesawat yang mana diterbangkan dari Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Dua pesawat yang isinya bantuan lain bakal segera menyusul esok harinya di Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda, Aceh. Dan pesawat tersebut membawa bantuan yang akan diberikan kepada Rohingya yang isinya makanan cepat saji, selimut, pakaian, tenda, dan juga beras.

Jokowi Pastikan Ini Bukan Kiriman Bantuan yang Terakhir

Presiden Jokowi memastikan bahwa bantuan kemanusiaan untuk negara bagian Rakhine, Myanmar, tidak akan berakhir dengan pengiriman hari Rabu (13/9) kemarin saja. Ia bahkan mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan ada lagi bantuan selanjutnya.

Jokowi yang secara langsung memimpin pengiriman itu menegaskan, “Perlu saya sampaikan bahwa pengiriman yang dilakukan hari ini adalah tahap pertama.” Ia melanjutkan rencananya bakal ada 2 tahap pengiriman lagi dan paling cepat adalah pekan depan.

Retno Marsudi, secara terpisah, mengatakan bahwa akan ada bantuan selanjutnya yang masih belum pasti kapan. Hal ini dikarenakan tim yang ada di lapangan akan melakukan assessment terlebih dahulu seusai pengiriman tahap pertama togel online ini. dengan begitu, ungkapnya, bisa diketahui apa yang paling dibutuhkan oleh pengungsi-pengungsi di sana.

Misalnya saja, pada pengiriman tahap pertama ini yang dikirimkan adalah selimut, pakaian, makanan ceat saji, beras dan tangki air serta tenda karena hal-hal itu lah yang paling banyak dibutuhkan. “Jadi sembari jalan, assessment dan juga persiapan pun terus dilakukan. Sekali lagi, ini adalah kondisi tidak normal, kondisi yang darurat, sehingga sembari mengurus perijinan kami mengirimkan bantuan,” tandasnya.

Terkahir, ia juga menegaskan bantuan yang dikirim pada Rabu (13/9) kemarin adalah murni dari pemerintah Indonesia saja. Akan tetapi, ia menambahkan bahwa Indonesia sangat terbuka untuk membantu pengiriman dari pihak lainnya karena banyaknya informasi bahwa pihak lain juga ingin sekali membantu Rohingya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *