Beberapa Fakta Lain Badai Yang Pasti Tidak Melalui Indonesia

Posted by
Beberapa Fakta Lain Badai Yang Pasti Tidak Melalui Indonesia
Badai Irma yang menerjang Florida di AS pada awal September 2017/ foto Dirga.

idntodays Beberapa Fakta Lain Badai Yang Pasti Tidak Melalui Indonesia yang menurut Trismidianto memaparkan bahwa badai hanya berputar di bumi bagian utara dan bagian selatan, tidak di zona khatulitiswa sehingga Indonesia tidak pernah akan di terpa badai tropis.

Menariknya meskipun semua titik awal badai tropis terjadi di dekat indonesia namun akan selalu bergerak menjauhi Indonesia, jelas Humas Badan Meteorologi, Krimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hari Tirto.

Misalkan cikal bikalnya di perairan Samudera Pasifik sebelah utara Papua, dai akan bergeraknya di daerah Filipina dan terakhir bisa di wilayah China, bisa ke Bangkok, Vietnam, atau ke arah Japan, kata Hari.

Demikian juga di Samudera Hindia, sebelah barat Sumatera begeraknya menjauhi Indonesia, bisa ke Selatan, bisa ke arah Barat Daya, jadi ke Pulau Cristmas dan sebagainya.

Itulah yang di katakan badai pasti berlalu dan tidak pernah akan terjadi di indonesia.

Namun Trismidianto mengatakan bahwa Indonesia masih bisa mengalami tornado kecil atau yang kita kenal dengan angin puting beliung.

Di indonesia perubahan perbedaan suhunya tidak ekstrim, kalupun yng terjadi berskala kecil sehingga hanya membentuk angin puting beliung, dan biasanya itu hanya terjadi di daerah-daerah yang dekat dengan pegunungan, karena berpengaruh juga siklus angin dari gunung, jelas Trismidianto.

Apa perbedaan Tornado, Badai Tropis dan Hurricane?

Pada dasarnya Tornado dan badai tropis adalah pusaran angin, namun badai ataupun siklon tropis terbentuk di lautan, dan sedangkan tornado atau badai topan hanya terjadi di daratan.

Setiap bagian dunia memiliki sebutan untuk topan badai yang biasa melewati wilayah mereka.

Di Asia, badai yang disebut dengan Typhoon atau Taifun, di Australia , barat daya pasifik dan Samudera Hindia yang disebut dengan Tropical Cyclone atau dengan sebutan lain Sikon Tropis.

Sedangkan Hurricane adalah sebutan badai di wilayah Atlantik dan Utara pacifik Hurricane ini berasal dari nam Dewa Karibia, Hurrican.

Beberapa Fakta Lain Badai Yang Pasti Tidak Melalui Indonesia

Beberapa Fakta Lain Badai Yang Pasti Tidak Melalui Indonesia
Ahli meteorologi sedang memantau pergerakan badai

 

Bagaimana dengan nama-nama badai?

Badai diberikan nama orang seperti Harvey, Irma Jose yang bergerak di Atlantik menuju daratan Amerika beberapa waktu ini ataupun siklon Debbie di Australia pada awal tahun ini.

Adapun alasan lain para ahli meteorologi berpikir bahwa nama orang lebih muda diingat dari pada angka dari istilah teknis lainnya, itu juga memudahkan media untuk melaporkan serta meningkatkan kewaspadaan kepada warga.

Nama yang disiapkan adalah berdasrkan kesepakatan ahli tim meteorologi dan sesuai dalam urutan alfabet.

Apa hubungan dengan perubahan iklim?

Fenomena badai belakangan ini mengundang pertanyaan apakah ada hubungan pemanasan global dengan badai yang semakin sering dan kuat.

Disinyalir, air laut yang semakin hangat akibat pemanasan global membentuk semakin banyak uap air yang menjadi energi badai di atmosfir.

Namun, teori yang seperti itu, belum dapat di buktikan secara ilmiah menurut peneliti LAPAN, Trismidanto.

Akan banyak membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengatakan bahwa badai tropis ada kaitannya dengan perubahan iklim, sekarang masih di kaji, tapi untuk siklon tropis belum banyak penelitian untuk megaitkannya.

Beberapa Fakta Lain Badai Yang Pasti Tidak Melalui Indonesia

Satu penelitian yang terbaru, mengenai badai dibuat oleh CIFOR (Center for International Forestry Research) mengulik hubungan badai dengan hutan.

Penelitian itu mengatakan bahwa hutan dapat melindungi daratan dari badai dan sehingga dengan semakin banyaknya deforestasi, para peniliti memperkirakan badai akan semakin sering terjadi dan destruktif.

Adanya bukti penelitian CIFOR juga menunjukan bahwa hutan dapat untuk menarik uap air dari laut sehingga menguras uap yang tersedia di atmosfir yang akan menghasilkan badai siklon.

Ditulis Oleh – Dirga idntodays

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *