Benda Yang Digunakan Dalam Misi Pendaratan Ke Bulan

Posted by

Benda Yang Digunakan Dalam Misi Pendaratan Ke BulanHawa dan suasana bulan terasa saat memasuki area bengkel yang tertutup untuk umum di gedung museum Udara dan Angkasa Smithsonian,Benda Yang Digunakan Dalam Misi Pendaratan Ke Bulan

tak jauh dari bandara Washington Dulles, Amerika Serikat.

Jejak peninggalan dan beragam peralatan yang pernah membawa Neil Armstrong ke bulan 50 tahun lalu tersimpan di tempat itu.

Ada sarung tangan Armstrong yang masih terlihat baru. Ada pula snoopy cap yang sudah menguning atau pembawa komunikasi yang dipakai pilot Buzz Aldrin dalam Apollo 11.

Tampak pula baju ruang angkasa yang pernah dipakai Michael Collins,

astronot ketiga Apollo 11, yang masih berada dalam kondisi yang terawat.Benda Yang Digunakan Dalam Misi Pendaratan Ke Bulan

Di sudut lain, terlihat kondisi silikon biru pada ujung jari sarung tangan Armstrong mulai menurun.

“Setelah 50 tahun, kita tahu bahwa karet silikon itu rusak, dan menjadi sedikit kaku dan rapuh,” kata seorang pelestari benda untuk museum itu, Lisa Young, kepada AFP.

Namun, sudah dapat bertahan hingga 50 tahun saja merupakan catatan tersendiri. Pasalnya, perangkat itu hanya dibuat untuk sekali pakai saat Armstrong dan Aldrin mendarat di bulan 20 Juli 1969 lalu.

“Kita tahu kantung karet itu seharusnya hanya bertahan enam bulan, dan sekarang sudah 50 tahun,” tutur Young.

Sebagai pelestari benda, Young bekerja untuk menunda degradasi benda-benda bersejarah itu. Boleh dibilang Young sangat akrab dengan pakaian antariksa milik Armstrong. Pakaian ini sudah melewati beberapa kali perawatan sejak berkeliling AS pada 2006 lalu.

Baju luar angkasa ini terbuat dari 21 lapisan berbeda yang tak bisa dipisahkan. Lapisan luar terbuat dari fiberglass berlapis teflon yang dikenal sebagai kain beta. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi pemakainya dari mikrometeorit dan radiasi.

Setiap lapisan direkatkan menggunakan reaksi kimia seperti tembaga dan lapisan karet.

Paparan cahaya dari waktu ke waktu membuat pakaian kini menguning. Kendati demikian, Young yakin bisa mempertahankan kondisi hampir seperti aslinya.

Dibuat oleh – idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *