Bom Waktu PHK Karena Letusan Virus Corona

Posted by

idntoday Bom Waktu PHK Karena Letusan Virus Corona. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat bekerja di rumah. Imbauan yang ia keluarkan pekan lalu tersebut diberikan demi menekan penyebaran virus corona yang makin meluas di dalam negeri belakangan ini.

“Kepada seluruh rakyat Indonesia saya harap tenang, tetap produktif agar penyebaran Covid-19 ini bisa kita hambat dan setop. Dengan kondisi ini, saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata dia, dalam konferensi pers, Minggu (15/3).

Walaupun bersifat imbauan, tidak sedikit kantor yang mulai menerapkan ‘petuah’ Jokowi tersebut dengan menerapkan sistem kerja dari rumah selama dua pekan. Imbauan kerja dari rumah ditetapkan bersamaan dengan ‘social distancing‘.

Dampaknya, pusat perbelanjaan sepi. Penjaja jasa seperti tukang cukur hingga cleaning service nyaris ‘lumpuh’ karena tak ada pekerjaan.

Bom Waktu PHK Karena Letusan Virus Corona

Jika kondisi seperti ini terus menerus, gelombang PHK tak terelakkan. Gejala PHK dan peningkatan pengangguran sudah terlihat dari kebijakan yang diambil sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor pariwisata.

Salah satunya perusahaan biro perjalanan Star Jet di Plaza Lagoi Bintan, Kepulauan Riau. Mereka memutuskan hubungan kerja (PHK) 150 karyawan lantaran bisnis perusahaan lesu akibat wabah virus corona.

“Karyawan sudah ada yang dicutikan dan diliburkan, okupansi sudah rontok. Walau (wisman) sudah bayar uang muka tapi tetap dibatalkan,” jelasnya kepada CNNIndonesia.com pada Senin (16/3).

Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal memperkirakan, walau ada gelombang PHK akibat virus corona di Indonesia tidak akan ekstrem. “Saya rasa belum sampai seekstrem itu. Namun, income paling bawah mereka akan terdampak,” ujarnya Kamis, (19/3).

Kebijakan Ekonomi

Danang menilai sektor non-formal ini harus dipikirkan betul insentif yang diberikan. Hal ini penting agar ke depannya tidak terjadi konflik sosial. Dia mengungkap akan mendukung keputusan pemerintah. Walaupun, kondisi seperti saat ini akan membuat roda perputaran ekonomi melambat.

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *