Bunga Iris Bahan Parfum Termahal Didunia

Posted by

Bunga Iris Bahan Parfum Termahal Didunia

Bunga Iris Bahan Parfum Termahal DiduniaKenyataan bahwa sejumlah orang masih mencari aroma orris meski tahu harganya sangat tinggi menguatkan daya pikat orris yang merupakan bahan parfum paling langka sedunia.Bunga Iris Bahan Parfum Termahal Didunia

Bangsa Romawi dan Yunani Kuno menjadikannya sebagai minyak dan membotolkannya. Pemilik penginapan menebarkan aromanya ke seprei mereka, beberapa abad lalu.

Kini, orris dapat dirasakan sebagai perasa pada obat sirup dan campuran rempah, sebagai bahan dasar kosmetik dan cairan aroma, dan sebagai aroma biang pada parfum. Harganya bisa melampaui harga emas.

Aroma orris seperti gabungan aroma raspberry, bunga violet, dan lada. Anda bisa mendapatkannya dari akar bunga iris. Namun, bunga iris yang dimaksud bukan bunga iris ‘Siberia’ seperti dijumpai di toko bunga, tapi bunga iris ‘berjanggut’ yang dilukis Vincent van Gogh nan masyhur.

Bunga ini tumbuh dengan subur di kawasan Tuscany, Italia. Di daerah itulah, bunga-bunga yang dalam bahasa Italia disebut giaggiolo tersebut, dibiakkan dan dijual.

Sejarah aroma langka ini dimulai dari kawasan Tuscany yang membiakkannya pertama kali. Sedikit bergeser dari Desa San Polo (sekitar 30 menit berkendara dari Kota Firenze) terletak lahan pertanian Pruneti.

Dikelilingi lereng pegunungan, lahan pertanian ini sudah beroperasi selama hampir dua abad. Pada masa kini, kakak-adik Paolo dan Gionni Pruneti mendedikasikan waktu mereka untuk melestarikan metode pengambilan aroma orris secara tradisional.Bunga Iris Bahan Parfum Termahal Didunia

Metode yang telah berlangsung turun-temurun ini amat memakan waktu lama dan perlu kerja keras.

Namun, kerja keras itu terbayar karena lahan pertanian Pruneti terkenal menghasilkan produk bunga iris.

Setiap musim semi, daerah tersebut akan diselimuti bunga iris berwarna ungu muda serta putih. Situasi ini dirayakan Desa San Polo dengan menggelar festival tahunan bunga iris yang selama berabad-abad menghiasai lambang Kota Firenze.

“Bunga iris bermekaran pada Mei. Menyaksikan lahan pertanian berhektare-hektare berubah menjadi biru benar-benar menakjubkan,” kata Gionni Pruneti.

Dari kawasan ini, minyak yang dihasilkan akar bunga iris—mentega orris—kemudian diekspor ke seluruh dunia untuk digunakan pada produk kosmetik, parfum, dan bedak. Minyak tersebut sangat unik dan cara membuatnya pun khusus sehingga terhindar dari penggunaan mesin.Bunga Iris Bahan Parfum Termahal Didunia

Dari tanaman ke parfum

Lahan pertanian Pruneti yang berbatu dan iklim setempat menyediakan kondisi ideal bagi pertumbuhan bunga iris florentina, yang mekar saat kawasan Mediterania menghangat. Akan tetapi, perlu waktu bertahun-tahun agar orris bisa dibotolkan, dijadikan bubuk, atau dibuat parfum.

Di lahan Pruneti, akar bunga iris dibiarkan tumbuh di bawah tanah selama empat tahun. Pada saat bersamaan, beragam perlakuan ditempuh terhadap bunga iris—tergantung dari siklus pertumbuhannya. Ada yang tanahnya digemburkan, disiangi, dipangkas, hingga dipanen. Ini membuat produksi orris bisa berjalan sepanjang tahun.

Panen biasanya berlangsung pada musim panas, dari Juni hingga September, tatkala rimpang bunga dicongkel dari dalam tanah menggunakan garpu berujung dua.

Ketika pertama kali diambil, rimpang bunga iris dibersihkan dan dikupas menggunakan pisau bergelombang. Rimpang yang tak berbau itu kemudian dijemur di bawah terik sinar matahari atau disiapkan untuk diperas.Bunga Iris Bahan Parfum Termahal Didunia

Adapun secuil rimpang dibiarkan menempel pada tanaman untuk kemudian ditanam kembali.

Rimpang bunga yang dikeringkan ini harus diawasi siang-malam agar terhindar dari jamur dan serangga. Pada waktunya, rimpang ini akan mengeluarkan aroma bunga dan elemen lain yang dapat membuat aroma lebih awet.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *