Cara Ibu Rumah Tangga Mengatur Keuangan

Posted by

idntoday Cara Ibu Rumah Tangga Mengatur Keuangan.Selain dikenal sebagai negara berteknologi maju, masyarakat Jepang juga selalu berhasil menyeimbangkan hal tersebut dengan mempertahankan tradisi dan pendekatan filosofis di berbagai aspek dalam hidup. Salah satunya adalah dalam hal mengatur keuangan.

Ada sebuah metode pengaturan keuangan yang cukup terkenal dan banyak dilakukan para ibu rumah tangga di Jepang bernama kakeibo, yang artinya buku besar atau catatan keuangan rumah tangga. Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani.

Di tahun 2017, metode ini kembali dipopulerkan melalui sebuah buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money. Dalam buku ini, ada empat pertanyaan penting yang harus dijawab apabila ingin memiliki kondisi keuangan yang lebih baik:

Berapa banyak uang yang kamu miliki?

Berapa jumlah uang yang ingin kamu simpan?

Seberapa besar dana yang rutin kamu belanjakan?

Bagaimana kamu bisa meningkatkan uang yang kamu tabung?

Cara Ibu Rumah Tangga Mengatur Keuangan

Fumiko percaya bahwa metode kakeibo dapat mengubah pandangan kita terhadap uang dan membuat kita jadi lebih wawas dalam mengelola keuangan.

Seperti apa metodenya?

Pada dasarnya, kakeibo adalah jurnal pembukuan untuk pengelolaan pendapatan dan pengeluaran yang mana proses pencatatannya dilakukan dengan tulis tangan. Tujuannya supaya kita memiliki kesadaran emosional untuk setiap pengeluaran yang kita tulis/catat, sehingga ketika nantinya kita dihadapkan kembali pada keputusan untuk mengeluarkan uang untuk hal yang kurang perlu, kita bisa menunda keinginan tersebut.

Kamu hanya perlu mempersiapkan buku dan pulpen untuk melakukan metode ini, tapi yang lebih penting adalah dibutuhkannya komitmen, kesabaran, dan ketelatenan untuk mencatat pengeluaran setiap harinya ke dalam jurnal.

Catat seluruh pemasukan yang kamu terima di awal bulan, baik dari pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan.

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *