Cara untuk Menghindari Risiko Terkena Kanker Paru.

Posted by

Cara untuk Menghindari Risiko Terkena Kanker Paru. Gaya hidup tidak sehat merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat mengakibatkan seseorang terjangkit kanker paru.

Cara untuk Menghindari Risiko Terkena Kanker Paru.
Cara untuk Menghindari Risiko Terkena Kanker Paru.

Cara untuk Menghindari Risiko Terkena Kanker Paru. Beberapa gaya hidup tidak sehat tersebut di antaranya sering merokok, konsumsi makanan tidak sehat kurang aktif berolahraga, dan lingkungan yang kotor.

Namun, di balik faktor risiko tersebut tentu ada pencegahan yang bisa dilakukan.

  1. Jauhi rokok Dari banyaknya faktor risiko kanker paru, rokok menjadi salah satu penyebab terbesar terjangkitnya seseorang terhadap penyakit ini. Perlu diketahui, perokok aktif memiliki potensi 14 kali terjangkit kanker paru.
    Selain perokok aktif, perokok pasif juga berpotensi besar terinfeksi kanker potensinya 4 kali lebih besar dibandingkan orang yang tidak sama sekali terpapar asap rokok.
  2. Pola makan sehat Mulailah mengonsumsi makanan sehat serta tinggi serat pada buah dan sayuran. Adapun salah satu buah yang bisa Anda konsumsi adalah pir. Dalam buah pir, terdapat kandungan phytochemical yang disebut phloretin. Senyawa ini disinyalir memiliki sifat anti-tumor. Selain itu, konsumsi pula buah beri dan wortel.
    Untuk diketahui, buah beri mengandung senyawa yang dikenal sebagai anthocyanidins (delphinidin). di antaranya dapat menghambat pertumbuhan tumor dan membatasi kemampuan tumor membuat pembuluh darah baru (angiogenesis).
  3. Rutin berolahraga Selain mengikuti pola makan sehat, rutin berolahraga juga bisa menurunkan risiko kanker paru. Tak hanya kanker paru, kebiasaan sehat ini juga baik untuk mencegah jenis kanker lain serta penyakit jantung dan diabetes.
  4. Perhatikan suplemen yang dikonsumsi Sering kali orang beranggapan bahwa dengan mengonsumsi suplemen akan meningkatkan kondisi tubuh. Sayangnya, tak selamanya anggapan ini benar.
  5. Ventilasi rumah harus baik Ventilasi rumah yang buruk juga bisa menimbulkan potensi kanker paru bagi penghuninya. Pasalnya, jika ventilasi tidak bekerja dengan baik, udara kotor yang berada di dalam ruangan akan terjebak dan rentan dihirup oleh penghuni rumah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membuat ventilasi yang ramah terhadap sirkulasi udara dan sinar matahari.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *