Donald Trump Akan Mengangkat Embargo Huawei

Posted by

 Donald Trump Akan Mengangkat Embargo Huawei Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan mengangkat embargo Huawei Technologies Co. Ltd menjalin bisnis dengan perusahaan asal negara Paman Sam.

Penghapusan embargo dilakukan usai Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, Sabtu (29/6). Trump mengatakan delegasi China adalah pihak pertama yang meminta hal tersebut kepadanya.

Dari permintaan itu ia segera membuat persetujuan.

“Dan kami, tanpa berpikir panjang, sepakat mereka bisa lakukan (bisnis) itu lagi,” jelas Trump di Konferensi Pers G20, Sabtu (29/6).

Dengan penghapusan embargo ini maka perusahaan AS kembali bisa menjual produk-produknya ke Huawei. Menurut dia, tindakan ini cukup adil karena perusahaan-perusahaan AS tidak senang ketika pemerintah memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam.

Menurut dia, pencabutan larangan bisnis ini juga bisa membantu pengembangan industri teknologi tingkat tinggi milik AS, yang diklaim Trump sebagai yang terbaik di dunia.

Trump juga memastikan pertahanan dan keamanan AS akan tetap terlindungi setelah penghapusan embargo terhadap Huawei. Donald Trump Akan Mengangkat Embargo Huawei

Kala itu, perusahaan-perusahaan AS memang tidak senang karena mereka tidak bisa jual produknya. Terlebih,

mereka (perusahaan-perusahaan) AS juga tidak ada sangkut pautnya dengan kasus Huawei,” terang dia.

Pertemuan Trump dan Xi Jinping terjadi di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang. Posisi AS di dalam diskusi kedua negara cukup kuat, setelah China sepakat untuk membeli lebih banyak lagi produk agrikultur AS.

Usai pertemuan Trump berkata pembicaraan dengan Xi merupakan pertemuan yang baik.

Hanya saja, kedua negara tidak menyinggung mengenai ekstradisi Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou yang ditangkap di Kanada pada 1 Desember 2018 lalu.

“Tidak ada pembicaraan mengenai itu,” kata Trump.

Dibuat oleh – idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *