Fakta Hantavirus Yang Kini Menyerang China

Posted by

idntoday Fakta Hantavirus Yang Kini Menyerang China.China kini diserang hantavirus setelah wabah virus corona mereda di negara tersebut. Kabar ini terungkap setelah seorang pria di China meninggal dunia dan dinyatakan positif hantavirus.

Harian berita berbahasa Inggris di China, Global Times, melaporkan adanya seorang warga dari Provinsi Yunnan yang meninggal dunia dalam perjalanan pulang menumpang bus ke Provinsi Shandong, pada Senin, 23 Maret 2020. 

Biasanya virus ini disebarkan oleh hewan pengerat melalui virus aerosol yang ditumpahkan dalam urin, tinja, dan air liur, bahkan tidak jarang melalui gigitan hewan tersebut.

Berikut adalah fakta-fakta mengenai hantavirus

1. Cara Penularan Hantavirus

Hantavirus ini disebarkan melalui tumpahan dalam bentuk urine, tinja, dan air liur hewan pengerat. Di Amerika Serikat, hewan-hewan yang menularkan virus ini antara lain tikus rusa, tikus kapas, dan tikus padi.

Fakta Hantavirus Yang Kini Menyerang China

Virus ini juga dapat ditularkan kepada manusia melalui udara, tatkala urine atau kotoran hewan pengerat tersebut menguap dan menimbulkan udara sekitar terkontaminasi virus. Proses ini dikenal dengan sebutan transmisi udara.

2. Gejala Awal Hantavirus

Saat seseorang terinfeksi hantavirus, dia akan mengalami dua fase gejala, yakni gejala dini dan gejala yang terlambat muncul. Dalam gejala dini, seseorang yang terinfeksi akan merasakan demam, kelelahan, dan nyeri otot, terutama pada bagian otot paha, punggung, bahui, dan pinggul.

Gejala dini lainnya, seseorang yang terinfeksi akan mengalami sakit kepala, mual, muntah, diare, sakit perut, dan kedinginan. Orang yang yang terinfeksi akan menderita Hantavirus Pulmonary Syndrome atau HPS.

3. Gejala Sulit di Diagnosis

Diagnosis HPS pada individu yang terinfeksi terbilang sulit. Pasalnya, gejala-gelaja seperti demam, kelelahan, dan nyeri otot mirip dengan gejala penyakit influenza. Seseorang dapat diketahui HPS jika individu memiliki riwayat paparan hewan pengerat di pedesaan, hingga diiringi sesak nafas.

Apabila seseorang mengalami gejala-gejala tersebut, maka harus segera berkonsultasi dengan dokter, termasuk menyebutkan potensi paparan hewan pengerat.

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *