Golongan Darah Baru Paling Langka dan Satu – Satunya Di Dunia (SARA)

Posted by

Sara yang akan kita bahas kali ini bukannya yang bernama Sara, calon gebetan kamu, tetapi adalah jenis golongan darah yang baru-baru ini ditemukan dalam dunia medis. Bukan bohong apalagi rekayasa, selain golongan darah A,B,AB atau O yang sudah tidak asing lagi kita kenal, ternyata masih ada lagi jenis golongan darah langka yang bernama SARA. Yuk kita simak informasinya.

Golongan Darah Baru Paling Langka dan Satu – Satunya Di Dunia (SARA)

Kasus unik ini terjadi pada tahun 1990. Dimulai pada saat seorang gadis asal Australia bernama Sarah Culhane dilakukan penelitian sample darahnya oleh Yayasan Donor Darah Blood Service. Dan para peneliti sangat terkejut ketika menyadari darah yang didonorkan oleh Sarah menunjukkan reaksi yang aneh.

Disaat melakukan penelitian lebih mendalam, barulah peneliti mengetahui kalau Sarah mempunyai golongan darah yang terbilang sangat langka, dikatakan kalau dia memiliki antigen jenis baru yang sangat berbeda pada seluruh antigen darah manusia yang selama ini ditemui.

Merasa ada yang janggal pada temuan ini, penelitian pun dilakukan pada keluarga Sarah Culhane. Awalnya mereka menyangka kalau fenomena unik ini hanya dialami oleh Sara saja dan bukan keluarganya, tetapi setelah melakukan proses Scan DNA dan uji antigen. Hasil yang didapatkan dari darah ayah dan ibu, serta saudara-saudaranya mempunyai kemiripan persis seperti Sarah, dan bukan jenis golongan darah normal pada umumnya.

Dan mereka pun sepakat untuk memberikan temuan golongan darah baru tersebut dengan nama SARA, diambil dari nama Sarah Culhane. kasus ini kemudian di dokumentasikan dalam jurnal kedokteran, dan para peneliti menduga kalau ini hanya dialami oleh keluarga besar sarah Culhane saja.

Tetapi keanehan selanjutnya  terjadi kembali pada tahun 2010, di Kanada. Ada seorang ibu hamil yang hampir mengalami keguguran, karena sistem imun perlindungan tubuh sang ibu telah menyerang janinnya, karena imun tersebut menganggap janin dalam perutnya sebagai zat asing dan berbahaya.

Dan kemudian dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap ibu dan anak tersebut. Hasil diagnosa dokter sangat mengejutkan, karena ketika mereka meneliti sample darah mereka dan tidak ditemukan sama sekali antigen sel darah merah yang berfungsi sebagai pemicu sistem imunisasi dalam tubuh.

Dan setelah itu, mereka pun akhirnya mengirimkan sample darah aneh tersebut ke Australia untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium darah. Dan betapa kagetnya mereka, bahwa sample janin tersebut memiliki kemiripan sempurna dengan jenis golongan darah Sara.

Penemuan ini mengungkapkan fakta baru medis kedokteran, bahwa ternyata masih ada jenis golongan darah manusia yang belum pernah kita dengar sama sekali, kata Rhiannon McBean dari Blood Service. Dia juga menambahkan bahwa mereka masih terus mencari keterkaitan keluarga lain, dan siapa tahu mereka juga memiliki jenis golongan darah Sara ini.

Tetapi dari total 5 ribu sample darah yang kami lakukan uji coba lab, semuanya mempunyai jenis golongan darah normal seperti A, B , AB, dan O yang sudah lazim kita temui. Jadi sampai saat ini baru ada 2 keluarga yang mempunyai jenis golongan darah langka Sara ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *