Hakarl, masakan yang berbau paling busuk se-Islandia

Pada umumnya., makanan memiliki aroma yang nikmat dan juga menggoda selera. karena daya tarik dari suatu makanan selain dari penyajian adalah dari aroma nya yang bisa membangkitkan selera makan. tetapi ada juga beberapa makanan di dunia yang mempunyai bau tak sedap, bahkan sampai tak tertahankan. tapi, walaupun begitu makanan-makanan ini masih tetap bertahan hingga sekarang, dan bahkan sampai merupakan bagian dari tradisi.

Salah satu makanan yang berbau paling busuk di dunia adalah hakari.  makanan ini adalah hidangan khas dari islandia. dan katanya, makanan ini merupakan hidangan wajib dalam Thorabbit atau festival pertengahan musim dingin di Islandia yang berawal dari abad 19.

Makanan ini terbuat dari daging ikan hiu Greeland. dan ikan ini terkenal dengan kandungan konsentraasi racun yang sangat tinggi dan juga memiliki bau yang sangat teramat busuk. bahkan petualang kuliner dari Travel channel, Andrew Zimmern menggambarkan bau Hakari yang mengingatkannya pada beberapa hal mengerikan  yang pernah dia cium dalam hidupnya.

Da untuk membuat Hakarl, daging ika hiu ini di kubur dalam timbunan baut kerikil untuk menghilangkan semua cairan, di fermentasi,kemudian di potong-potong dan di gantung agar benar-benar kering. daging ikan hiu greenland ini memang harus di olah dan di awetkan dahulu sebelum bisa di konsumsi.sebab ikan predator tersebut mengandung racun dan proses pengolahan ikan ini juga terbilang cukup memakan waktu yang lama… selama berbulan-bulan. dan jika sudah jadi Hakarl akan berbau busuk seperti ikan busuk dan juga amonia. dan biasanya untyuk memudahkan memakan hakarl di sediakan pula minuma khusus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment