Ikan Candiru Ini Lebih Berbahaya Daripada Piranha

Posted by

IDNTodays.com – Ikan Candiru atau disebut juga Canero ini adalah jenis ikan air tawar yang masih termasuk dalam keluarga ikan lele. Ikan Candiru Ini Lebih Berbahaya Daripada Piranha, Dan Ikan ini dapat ditemukan di sungai Amazon dan sungai Oranoco, jenis ikan ini mempunyai reputasi sebagai ikan yang paling ditakuti oleh penduduk lokal, bahkan ikan ini jauh lebih ditakuti daripada ikan Piranha. Ikan ini hanya dapat tumbuh hingga ukuran 1 -2 inci, dan lebar 4-6 milimeter, mempunyai bentuk seperti seekor belut dan hampir transparan, membuatnya hampir mustahil untuk dapat dilihat di dalam air. Ikan ini ikan yang cepat, perenang yang kuat, lembut dan licin, dengan gigi yang tajam.

Ada 3 spesies Candiru, yaitu Candiru berukuran jari, Candiru yang berukuran tusuk gigi yang biasanya makan dengan cara memasuki ikan yang lebih besar, dan Candiru paus (Whale Candiru) adalah pemakan bangkai yang lebih memilih untuk makan dari ikan yang sudah mati.

Ikan Candiru termasuk parasit, modus operasinya sangatlah simpel dan kejam. Untuk menemukan mangsanya, ikan ini mengecap air, berusaha untuk mengetahui aliran air yang berasal dari ikan lain. Dan setelah mengetahui dari mana aliran air tersebut, ikan itu akan langsung menuju celah-celah sirip ikan itu, Duri yang ada di kepala Candiru akan melukai insang ikan dan mengeluarkan darah  selagi ikan Candiru berada di dalam ikan tersebut. Sehingga ikan candiru disebut juga sebagai ikan vampir yang berasal dari Brazil.

Ikan ini ditakuti karena ia tertarik pada air seni ataupunda rah, dan apabila seseorang berenang dengan kondisi telanjang, aia akan masuk kedalam celah anus atau vagina, dan bahkan bila ikannya kecil, ia dapat masuk kedalam lubang penis dan mungkin ke dalam urethra. Dan apabila ini terjadi, ikan Candiru ini akan sangat sulit untuk diambil kembali, kecuali lewat operasi. Karena ikan ini menemukan mangsanya dengan mengikuti aliran ait dari insang ke sumbernya,

Cara untuk dapat membunuh ikan ini adalah dengan pengobatan tradisional, yaitu dengan air dari dua jenis tanaman. Xagua dan Apel Buitach yang dimasukkan kedaerah yang terkena. Kedua tanaman ini akan melarutkan ikan tersebut. Dapat juga melalui Operasi, tetapi operasi membutuhkan biaya dan waktu yang lebih sering, infeksi menyebabkan shock dan kematian korban sebelum Candiru dapat diambil.

Baca Juga : Inilah Fakta Unik Koala, Hewan Lucu Menggemaskan Dari Australia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *