Ini Aturan Bepergian Ke Bali Dan Jawa

Posted by

idntodayIni Aturan Bepergian Ke Bali Dan Jawa.Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengeluarkan aturan terkait protokol kesehatan perjalanan selama libur hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam peraturan tersebut dijelaskan mengenai aturan bepergian ke Bali dan Pulau Jawa selama Libur Nataru.

Berikut ini aturannya:

1. Bali

Pelaku perjalanan yang akan ke Bali yang menggunakan moda transportasi udara maka wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif test RT-PCR dengan waktu paling lama 7×24 jam sebelum keberangkatan.

Para penumpang pesawat juga diharuskan untuk mengisi eHac Indonesia.

Adapun bagi pelaku perjalanan darat atau laut baik pribadi maupun umum wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen paling lama 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan mengisi e-Hac Indonesia.

Ini Aturan Bepergian Ke Bali Dan Jawa

2. Pulau Jawa serta di dalam Pulau Jawa (antar Provinsi/Kab/Kota)

Para pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara dan kereta api antarkota wajib menunjukkan surat keterangan

hasil negatif menggunakan rapid test antigen paling lama 3×24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Adapun pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi darat baik pribadi maupun umum diimbau menggunakan rapid test antigen paling lama 3×24 jam sebelum keberangkatan.

Pengisian eHac Indonesia juga bersifat wajib bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi baik umum maupun pribadi kecuali moda transportasi kereta api.

Sementara itu, perjalanan rutin di Pulau jawa dengan moda transportasi laut yang bertujuan melayani pelayaran lokasi terbatas antarpulau atau antarpelabuhan domestik dalam satu wilayah aglomerasi atau dengan transportasi darat baik pribadi

maupun umum dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan (Jabodetabek) tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat hasil rapid test antigen sebagai syarat perjalanan.

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *