Jejak Karir Desainer Pierre Cardin Meninggal

Posted by

idntoday Jejak Karir Desainer Pierre Cardin Meninggal.Perancang busana Prancis, Pierre Cardin, meninggal dunia di usia 98 tahun pada Selasa (29/12/2020). Semasa hidupnya, nama Cardin begitu masyhur lantaran menjadi desainer pertama yang “menjual” namanya sebagai merek untuk berbagai produk, mulai dari mobil hingga parfum.

Sepanjang kariernya selama lebih dari 60 tahun, Cardin menuai cemoohan dan pujian dari sesama perancang busana karena naluri bisnisnya yang luar biasa. Semasa hidupnya, lelaki itu menegaskan, dia membangun kerajaan bisnisnya tanpa pernah meminta pinjaman dari bank.

Cardin adalah desainer pertama yang menjual koleksi pakaian di department store pada akhir 1950-an. Dia juga desainer pertama memasuki bisnis perizinan untuk produk parfum, aksesori, dan bahkan makanan. Cara bisnis Cardin itu kini terbukti menjadi “mesin utama” bagi banyak rumah mode untuk meraup keuntungan.

“Itu semua sama bagi saya, apakah saya membuat lengan baju untuk gaun ataupun kaki meja,” ungkap Cardin sambil berseloroh lewat sebuah kutipan di situsnya yang ditulis ulang Reuters, Selasa (29/12/2020).

Selama bertahun-tahun, nama Cardin dibubuhkan pada silet, peralatan rumah tangga, dan aksesori norak—bahkan celana pendek boxer berharga “recehan” sekalipun.

Jejak Karir Desainer Pierre Cardin Meninggal

Para pengkritiknya pernah menuduh Cardin telah merusak nilai merek yang dia bangun, di samping menghancurkan gagasan tentang kemewahan secara umum. Akan tetapi, desainer kelahiran Italia itu tampaknya tidak terpengaruh oleh kritik semacam itu.

“Saya punya sense (kepekaan) untuk memasarkan nama saya,” kata Cardin kepada surat kabar Jerman, Sueddeutsche Zeitung, pada 2007. 

“Apakah uang merusak ide seseorang? Saya tidak memimpikan uang sama sekali. Tetapi ketika saya bermimpi, saya menghasilkan uang. Jadi ini sama sekali bukan tentang uang,” ujarnya.

Lahir di dekat Venesia pada 2 Juli 1922, dari orang tua berkewarganegaraan Prancis keturunan Italia, Cardin dibesarkan di Kota Saint Etienne yang tidak terlalu glamor.

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *