Keunggulan Vaksin Corona Buatan Moderna Dibanding Pfizer

Posted by
Vaksin virus corona buatan Moderna bisa disimpan pada suhu lebih rendah dan mampu bertahan selama 30 hari.

idntodays.comVaksin virus corona buatan Moderna bukan hanya unggul soal efektivitas dibanding Pfizer, namun juga lebih praktis dalam penggunaannya. Menurut laporan Idntodays, vaksin Moderna bisa disimpan dalam suhu lebih tinggi daripada Pfizer.

Vaksin Pfizer yang pada pekan lalu diumumkan berdasarkan data perusahaan efektif 90 persen melawan Covid-19 mesti disimpan dalam suhu minus 75 derajat Celcius.

Dikatakan tidak ada vaksin lain di Amerika Serikat yang harus disimpan pada suhu sedingin itu. Fasilitas medis dan farmasi juga disebut tak semua punya pendingin yang dengan kemampuan untuk menunjang hal itu.

Sementara vaksin Moderna diklaim perusahaan dapat disimpan pada suhu 20 derajat Celcius. Penyimpanan dalam kondisi seperti itu serupa vaksin lain, misalnya yang digunakan untuk menangani cacar air.

Tal Zacks, kepala medis Moderna, mengatakan, vaksin buatan perusahaan bisa disimpan dalam ‘pendingin yang tersedia pada kebanyakan fasilitas medis dan farmasi’.

“Kami memanfaatkan infrastruktur yang sudah tersedia untuk vaksin lain yang sudah dipasarkan,” katanya.

Keunggulan lain vaksin Moderna ketimbang buatan Pfizer yakni bisa disimpan selama 30 hari di pendingin. Ini jauh lebih lama ketimbang vaksin Pfizer yang hanya dapat disimpan selama lima hari.

Pada Senin (16/11) Moderna mengumumkan vaksin buatan mereka efektif 94,5 persen melawan Covid-19. Klaim ini menjadikan Moderna perusahaan farmasi kedua setelah Pfizer yang telah menghasilkan vaksin di Amerika Serikat dengan tingkat keberhasilan sangat tinggi.

Vaksinasi menggunakan vaksin Moderna dikatakan bisa dimulai pada Desember, sementara untuk global tersedia pada 2021.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *