LAPORAN UANGKAP CARA GOOGLE MEMANIPULASI HASIL PENCARIAN TERBUKTI CURANG

Posted by

LAPORAN UANGKAP CARA GOOGLE MEMANIPULASI HASIL PENCARIAN TERBUKTI CURANG IDN LAPORAN UANGKAP CARA GOOGLE MEMANIPULASI HASIL PENCARIAN TERBUKTI CURANG,

Google Search adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Mempertimbangkan betapa pentingnya hasil pencarian untuk bisnis,

Google mengatakan mereka menggunakan algoritma yang tidak bias guna mencegah permainan sistem apa pun.

Namun Google memahami bahwa pencarian adalah permainan zero-sum;

membuat perubahan yang membantu satu perusahaan dan akan berdampak negatif bagi perusahaan lain.

Wall Street Journal pun melakukan penyelidikan yang mencakup lebih dari 100 wawancara dan menggelar pengujian sendiri. Hasilnya journal menemukan beberapa hal tentang Google Search yang berbau manipulasi.

Dilansir dari laman IDN Arena, sebagai contoh, Wall Street Journal menemukan fakta bahwa dengan algoritme-nya, bisnis yang lebih besar lebih disukai daripada yang lebih kecil.

Dan beberapa tujuan online seperti Amazon dan Facebook didukung dengan mengorbankan yang lain.

Journal juga mengatakan, Google menggunakan algoritma dan daftar hitam untuk mencegah topik kontroversial tertentu muncul di bidang pencarian saat pelengkapan otomatis dilakukan. Contohnya,

surat kabar itu menguji Google Search dengan mesin pencari lain seperti DuckDuckGo dan Microsoft’s Bing.

Mengetik pencarian Donald Trump, di Google Penelusuran menampilkan apa yang disebut Journal “lebih tidak berbahaya” daripada terlihat dengan fitur pelengkapan otomatis pada peramban lain. Dua miliar hasil pencarian setahun mengandung informasi yang salah atau hasil berkualitas rendah, kata seorang mantan karyawan Google.

Berbicara algoritma yang digunakan oleh Google untuk pencarian, seorang mantan karyawan mengatakan kepada surat kabar itu. “Ada gagasan bahwa algoritma pencarian semuanya netral dan keluar menyisir web dan kembali lagi menunjukkan apa yang ditemukannya, dan itu adalah total BS. Google selalu menangani kasus khusus,” katanya.

Selain itu, seorang eksekutif Google yang namanya tak disebut mengutarakan, penyelidikan internal menemukan fakta pada 2016, bahwa antara 10-25% dari hasil pencarian menunjukkan semacam informasi yang salah atau hasil berkualitas rendah. Itu berarti sekitar dua miliar hasil pencarian tersebut setiap tahun memuat informasi yang tidak dapat dipercaya.

Dan di Eropa, Uni Eropa menemukan fakta Google mengubah hasil pencarian untuk mempromosikan produknya sendiri. Perusahaan mengklaim bahwa perilaku ini dilakukan untuk memberi konsumen lebih banyak pilihan daripada menghantam pesaing.

Selain mempromosikan produknya sendiri, penting untuk dicatat bahwa Google menerima USD116,3 miliar pendapatan iklan pada tahun lalu. Perusahaan yang menghabiskan banyak uang untuk iklan di situs dan aplikasi inti Google disarankan oleh raksasa mesin pencarian itu tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan hasil pencariannya.

LAPORAN UANGKAP CARA GOOGLE MEMANIPULASI HASIL PENCARIAN TERBUKTI CURANG

Perusahaan yang tidak memiliki koneksi dengan Google tak mendapatkan tips seperti itu.

Menariknya, rekomendasi dari Google sendiri dapat membuat atau menghancurkan bisnis perusahaan.

Misalnya, agensi periklanan iProspect adalah salah satu klien agensi periklanan terbesar Google dan bekerja dengan produsen pakaian seperti Levi Strauss & Co., perusahaan perawatan mata Alcon Inc. dan produsen alas kaki Wolverine World Wide Inc.

Jeremy Cornfeldt, CEO Americas untuk iProspect mencatat, jika mereka memiliki pembaruan (algoritma), timnya dapat menghubungi Google dan mereka akan melewatinya.Padahal tidak setiap perusahaan mendapatkan kesempatan itu.

Situs lelang online eBay mengalami kesulitan dengan Google selama bertahun-tahun. Setelah mengandalkan Google untuk sebanyak 33% dari lalu lintas internetnya, eBay menemukan pada 2014 bahwa lalu lintasnya mulai turun drastis. Dampaknya mengurangi pendapatan tahunan untuk tahun ini sebesar USD200 juta.

Apa alasan penurunan lalu lintas? Google telah memutuskan untuk menurunkan peringkat sejumlah besar halaman eBay. Perusahaan itu menghabiskan USD30 juta untuk iklan Google dan bukannya membelanjakan dana itu di tempat lain, mereka memutuskan untuk melobi Google. Upaya ini berhasil dan sementara eBay merevisi situsnya agar lebih “relevan dan berguna,” Google merevisi peringkat halaman eBay yang lebih tinggi.

Ya, efek dari perubahan pada algoritma pencarian Google bisa mematikan bagi perusahaan yang selama ini mengandalkan Google untuk traffic. Ambil contoh DealCatcher, situs yang mencantumkan kupon dan kode kupon. Mereka melihat lalu lintasnya turun 93% dalam satu hari karena semua situs menghilang di Google Search.

Sekitar sebulan kemudian, entah dari mana, trafik mereka kembali normal. Pendiri situs, Dan Baxter, merangkum pengalaman Pencarian Google untuk sebagian besar perusahaan. “Kamu seperti baru saja pergi dalam kegelapan,” katanya. “Dan itu adalah bagian yang menakutkan dari semuanya.”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *