Makna Kata Pribumi Bagi Orang Belanda

Posted by
Makna Kata Pribumi Bagi Orang Belanda
Makna Kata Pribumi Bagi Orang Belanda

idntodays  – Makna Kata Pribumi Bagi Orang Belanda mengenai pidato yang di sampaikan oleh Anies dalam pesta rakyat dalam pelantikan menjadi Gubernur DKI Jakarta yang menggunakan kata Pribumi dalam pidatonya bahwa Jakarta merupakan satu dari sedikit Kota di Indonesia yang merasakan kolonialisme dari dekat selama ribuan tahun.

Di kota lain meungkin penjajahan oleh belanda mungkin terasa jauh dan akan tetapi bagi orang Jakarta yang namanya kolonialisme itu di depan mata, di rasakan sehari-hari karena itu bila kita merdeka maka janji itu harus terlunaskan bagi warga Jakarta,” kata Anies dalam pidatonya.

Dalam konteks yang di pakai ”Pribumi” dalam pidatonya malah menjadi perdebatan yang ramai pada saat ini.

Makna Kata Pribumi Bagi Orang Belanda

Kita kembali lagi pada kata awal mula pribumi itu di sebutkan oleh orang Belanda, dan bukan hanya kata pribumi ini mengudara hanya pada di jaman Hindia Belanda dan namun di jaman Orde baru dan namun di jaman dan di era Gubernur Jakarta yang sekarang juga kata itu masih di gunakan.

Mengenai hal yang telah di atur dalam UU No 40 tahun 2008 tentang larangan menggunakan kata Pribumi dan keturunan dan aturan itu kini untuk warga dan semua pejabat negara.

Pribumi berpadan dengan Inlander merupakan sebutan dan ejekan bagi penduduk asli indonesia oleh orang Belanda di masa penjajaha Belandan di Indonesia, memeriksa dalam sebutan Inlander dalam konteks historis kolonial, tentu sangat mudah melihat sudut lawan katanya, Antonim dari kata Inlander adalah Buitenlander atau orang asing dan dari dalam konteks bagi orang Belanda orang asing ataupun pendatang dari kawasan Asia lain, kosa kata tersebut dalam hukum Hindia Belanda menjadi Vreemdle Oosterlingen atau Timur Asing.

Makna Kata Pribumi Bagi Orang Belanda

Mengapa Belanda mengenalkan wacana Inlander? Sebab kata ini berkaitan dengan kekuasaan dari jaringan birokasi Hindia Belanda dari Belanda, sehingga mengecualikan bagi orang asing.

Penduduk Indobnesia terbagi dalam tiga golongan Eropa (termasuk Belanda) Timur Asing (Cina, Arab, India) inlander (pribumi).

Orang belanda bukan Inlander dan maupun Buitenlander sebab orang Belanda adalah penguasa atau Gezaghebber dan penguasa yang tidak berada dalam kedua kategori itu.

Kata yang Anies gunakan dalam pidatonya yang mengundang konflik dalam konteks dengan menggunakan kata pribumi ini menuai konflik dan sejumlah warganet yang menyayangkan Anies yang saat ini sebagai Gubernur Jakarta itu seharusnya bisa mengetahui semua aturan yang ada dalam setiap penggunaan konteks dalam penyebutan kata.

Sebagai Gubernur seharusnya Ia mencontoh pidato Mantan Gubernur Basuki Thahaja Purnama yang lebih ke dalam pidato yang membahas pekerjaan dan instukstur dalam pidato yang selalu di sampaikan oleh Mantan Gubernur itu, dan bukannya menyampaikan pidato yang tidak penting dan sebagai Gubernur kami mengharapkan misi dan visi yang telah dijanjikan oleh Anies dalam masa kampanye dalam pemilihan Gubernur lalu,” ujar sejumlah warganet.

Ditulis Oleh – Dirga idntodays

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *