Mitos Operasi Caesar yang Salah & Fakta Sebenarnya, Kamu Perlu Tahu

Posted by
Mitos Operasi Caesar yang Salah & Fakta Sebenarnya, Kamu Perlu Tahu
Mitos Operasi Caesar yang Salah & Fakta Sebenarnya, Kamu Perlu Tahu

Idntodays : Banyak calon ibu yang mengidam-idamkan melakukan persalinan secara normal. Namun, jika gak memungkinkan, gak ada masalahnya kok untuk melakukan operasi Caesar.

Memang, banyak sekali rumor dan mitos yang beredar tentang operasi Caesar. Untuk itu, yuk kenali mitos operasi Caesar yang selama ini dikhawatirkan calon ibu agar lebih tenang.

Operasi Caesar membuat air susu ibu (ASI) susah keluar

Nyatanya, semua ibu bisa mengalami kesulitan untuk mengeluarkan ASI, termasuk yang bersalin secara normal. Inisiasi menyusui dini (IMD) ternyata bisa dilakukan oleh ibu di ruang operasi loh. Ibu pun bisa meminta obat pereda rasa nyeri saat memberikan ASI pada bayi pertama kalinya.

Sekali operasi Caesar, ke depannya gak akan bisa melahirkan secara normal lagi

Faktanya, ibu yang sudah melakukan operasi Caesar memungkinkan untuk melakukan persalinan normal ke depannya. Tentu saja, hal tersebut perlu dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Operasi Caesar gak terasa sakit

Masih saja ada yang beranggapan bahwa melahirkan dengan operasi Caesar gak sakit. Meski ibu diberikan obat bius atau anestesi, namun itu lama-kelamaan akan habis. Rasa sakitnya gak berlangsung dalam hitungan jam, namun bisa sampai berminggu-minggu.

Ibu gak sadar selama operasi Caesar

Biasanya, pemberian anestesi hanya dilakukan pada bagian bawah tubuh ibu alias hanya setengah saja. Itu karena calon ibu perlu untuk tetap terjaga. Itu sebabnya, calon ibu masih bisa mendengar proses operasi yang tengah berlangsung. Namun, gak perlu khawatir kok.

Jadwal persalinan dengan operasi Caesar bisa diatur sesuka hati

Mungkin ada yang berpikir bahwa operasi Caesar bisa membuat calon orangtua bisa menentukan tanggal lahir sang buah hati. Namun, sebenarnya gak boleh sembarangan loh.

Sistem kekebalan bayi dengan operasi Caesar lebih lemah daripada persalinan normal

Daya tahan tubuh atau imun bayi gak berkaitan dengan cara dia dilahirkan. Meski begitu ada benarnya jika bakteri usus dipindahkan dari vagina ibu ke bayi. Adapun yang berpengaruh adalah usia kehamilan dan pemberian ASI.

Persalinan dengan operasi Caesar lebih mudah daripada persalinan normal

Melahirkan secara normal maupun dengan operasi Caesar memiliki kesulitannya masing-masing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *