Mitos Tentang ASI yang Wajib Diketahui Semua Ibu Menyusui

Posted by
Mitos Tentang ASI yang Wajib Diketahui Semua Ibu Menyusui
Mitos Tentang ASI yang Wajib Diketahui Semua Ibu Menyusui

Idntodays : Seperti yang kita tahu, air susu ibu merupakan makanan pertama untuk bayi. Bagi seorang ibu, menyusui bukan sekedar memberikan makanan dalam bentuk air susu kepada si kecil.Mitos Tentang ASI yang Wajib Diketahui Semua Ibu Menyusui

Beberapa informasi tentang menyusui yang didapat kadang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para ibu, padahal informasi tersebut belum tentu benar. Bahkan tak jarang itu hanya sebuah mitos yang beredar turun temurun. Tidak semua informasi harus di telan bulat-bulat, Bun.Mitos Tentang ASI yang Wajib Diketahui Semua Ibu Menyusui

ASI pertama berwarna kuning itu basi dan harus di buang

Mitos Tentang ASI yang Wajib Diketahui Semua Ibu Menyusui

Jangan salah ya, Bun. ASI pertama yang berwarna kekuningan itu tidak basi seperti yang sering kita dengar.

Kolostrum kaya akan sel darah putih yang mampu melawan infeksi bakteri dan virus. Jadi, kolostrum sangat disarankan untuk diberikan pada bayi sejak ia lahir dan kemudian dilanjutkan dengan ASI eksklusif hingga 6 bulan. Jangan dibuang!

Setelah melahirkan, ASI belum keluar. Segera beri si kecil makanan lainnya

Pada beberapa kasus, memang sangat wajar setelah persalinan ASI belum juga keluar atau tidak lancar. Jangan khawatir, Bunda. Bayi yang baru lahir masih punya cadangan makanan yang ia bawa dari kandungan selama 2×24 jam.

Payudara kecil berarti ASI-nya sedikit

Produksi ASI mengikuti prinsip supply and demand. Maksudnya, semakin tinggi kebutuhan bayi, semakin banyak produksi ASI.

Semakin sering dirangsang (disusukan pada si kecil), maka semakin banyak pula produksi ASI. Sebaliknya, semakin jarang dirangsang, produksi ASI juga akan semakin menurun.

Bunda minum es menyebabkan si kecil Flu

Ini yang paling sering terjadi. Bunda yang sedang menyusui dilarang minum es karena bisa menyebabkan si kecil flu. Perlu digaris bawahi ya, Bun. Es bukan penyebab flu.

Jangan makan pedas! ASI bisa jadi pedas

Apa yang bunda makan memang akan dirasakan pula oleh si kecil lewat ASI. Namun tidak 100% sama, hanya samar-samar dan tidak bertahan lama.

Payudara bunda memiliki kemampuan untuk menyaring nutrisi penting dari tubuh yang berguna dalam pembuatan ASI. Konsumsi makanan pedas lebih berpengaruh pada bunda sendiri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *