Mobil Kepresidenan Soekarno Chaika GAZ 13

Posted by

Mobil Kepresidenan Soekarno Chaika GAZ 13

Mengenal Chaika GAZ 13, Mobil Kepresidenan Soekarno dari Rusia

Mobil Kepresidenan Soekarno Chaika GAZ 13

Presiden Soekarno dulu sempat menggunakan mobil dari Rusia sebagai kendaraan dinasnya, yakni Chaika GAZ 13.

IdnTodays – Mobil Kepresidenan Soekarno Chaika GAZ 13 Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI) ke-40, turut dipamerkan juga mobil yang sempat menjadi kendaraan dinas Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno.

Mobil itu ialah Chaika (??????) GAZ 13 keluaran tahun 1959. Limusin ini merupakan produk dari GAZ (Gorkovsky Avtomobilny Zavod), pabrikan asal Rusia yang bermarkas di Nizhny Novgorod.

Eksterior

Armada Presiden Soekarno ini tampil mewah dengan kap depan yang panjang dan dipadu lampu bulat. Selain itu, terpasang gril besar dan bumper menonjol dengan laburan krom, khas mobil mewah di masanya.

Aksen krom ini berlanjut ke samping, di sepanjang body dan spakbornya. Tampilannya pun makin mewah dan klasik berkat ban belakang yang setengahnya tertutup spakbor.

Bagian belakangnya pun menghadirkan kesan serupa. Itu tak terlepas dari penggunaan bumper krom serta desain stoplamp yang mirip buntut anak panah. Komponen unik lainnya ialah antena besar di kap belakang.

Interior

Kabin mobil dinas Presiden Soekarno ini pun tampak mewah. Kemudinya terbuat dari kayu dan di baliknya terdapat beragam instrumen panel berbingkai krom serta dashboard dengan desain kisi-kisi.

Bangku depan dan belakangnya masih asli dengan jok lebar yang menyambung. Berbagai tuasnya pun menggunakan dilabur krom dan memperkental nuansa klasik serta mewah. Kabin belakangnya lega dengan legroom yang terbilang lebih dari cukup.

Menariknya, terdapat pembatas kaca yang cukup tebal antara kabin depan dan belakang. Pasalnya, Presiden Soekarno dulu kerap berdiskusi dengan berbagai tamu negara di perjalanan.

Performa

Terlahir sebagai limusin mewah, Chaika GAZ 13 memiliki dimensi yang terbilang besar. Panjangnya mencapai 5.600 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.580 mm dengan jarak antar sumbu roda 3.520 mm.

Karena itu, Chaika GAZ 13 dibekali mesin berkapasitas besar, bahkan sampai saat ini, V8 5.500 cc bertenaga 195 hp dengan transmisi otomatis. Berkat dapur pacu tersebut, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 160 km/jam.

Sayangnya, meski memiliki performa mengesankan mesin yang besar itu terbilang boros. Untuk menempuh 100 km, Chaika GAZ 13 mampu menghabiskan bahan bakar hingga 21 liter.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *