Penyakit Menular lewat Seks Cara Mencegahnya

Posted by

Wajib Tahu! Penyakit Menular lewat Seks Oral dan Cara Mencegahnya Faktanya, semua kontak langsung yang melibatkan organ intim bisa membuat kita tertular penyakit tersebut. Ini artinya, seks oral yang melibatkan mulut, lidah, dan bibir memiliki risiko sama besarnya dengan aktivitas seks penetratif.


Wajib Tahu! Penyakit Menular lewat Seks Oral dan Cara Mencegahnya

1, Gonore atau penyakit Raja Singa

Wajib Tahu! Penyakit Menular lewat Seks Oral dan Cara Mencegahnya Penyakit pertama yang wajib kamu waspadai adalah gonore. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae.

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), setidaknya ada 1,14 juta kasus gonore baru di dunia setiap tahunnya.

Gonore secara oral dapat menular ketika seks oral dilakukan pada seseorang yang membawa bakteri di alat kelaminnya. Akan tetapi, bakteri juga bisa ditemukan di mulut dan kerongkongan, sehingga ciuman pun bisa menjadi salah satu jalur transmisi walau jarang terjadi.

Gonore biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun di awal. Namun, penyakit ini bisa ditandai dengan sakit tenggorokan, kemerahan di dalam mulut, demam, dan pembengkakan limpa di leher.

Gejala lain yang mungkin terjadi walaupun jarang adalah rasa sakit ketika buang air kecil dan keluarnya cairan tidak normal dari vagina dan penis.

2, Chlamydia

Disebabkan oleh Chlamydia trachomatis, ini merupakan penyakit menular seksual yang paling sering terjadi. Chlamydia atau klamidia sebenarnya lebih rentan disebarkan lewat seks penetratif, namun ada pula orang yang mengalaminya karena seks oral.

Melansir Healthline, umumnya chlamydia yang menyerang tenggorokan tidak menimbulkan gejala. Jika ada pun akan tampak seperti sakit tenggorokan biasa. Gejala lain yang mungkin timbul adalah masalah gigi, sakit pada mulut, dan area sekitar bibir.

idak menimbulkan gejala bukan berarti chlamydia tidak berbahaya. Justru karena itulah penyakit ini mesti diwaspadai. Bila dibiarkan dan tidak mendapat pengobatan yang tepat, risiko terkena HIV bisa meningkat. Maka dari itu, sakit tenggorokan yang tidak segera sembuh harus segera diperiksakan ke dokter.

3,Herpes

Terdapat dua macam virus yang menyebabkan herpes, yaitu herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1) dan herpes simplex virus (HSV-2). Keduanya bisa menular melalui seks oral, penetratif, dan anal. Akan tetapi, HSV-1 yang lebih sering ditemukan di area tenggorokan.

Penularannya kurang lebih sama dengan penyakit seksual lain. Jika kamu memberikan seks oral pada orang yang terinfeksi, kamu akan tertular terutama di area mulut dan tenggorokan. Sebaliknya, jika orang yang terinfeksi memberikanmu seks oral, herpes akan kamu dapatkan di alat kelamin (herpes genital).

Infeksi virus tersebut dapat menimbulkan gejala utama berupa munculnya luka melepuh di area mulut, bibir, dan tenggorokan. Kondisi ini bisa berlangsung selamanya dan dapat menular walaupun kamu tidak merasakan gejalanya lagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *