Penyemprotan Disinfektan Kurang Tepat Jika Ke Badan

Posted by

idntoday Penyemprotan Disinfektan Kurang Tepat Jika Ke Badan. Wabah corona yang tengah berkembang di dunia termasuk Indonesia membuat masyarakat berbondong-bondong melakukan antisipasi. Salah satu hal yang dilakukan adalah melakukan penyemprotan disinfektan kepada setiap orang yang masuk kampungnya.

Terkait hal ini, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi COVID-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa menjelaskan penyemprotan disinfektan kepada badan orang kurang tepat. Pencegahan corona bagi tubuh paling tepat adalah cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

“Yang penting kita sarankan yang paling efektif untuk pencegahan infeksi personal/perorangan adalah cuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir secara rutin setelah berkegiatan, sebelum dan sesudah makan minum. Dan setelah dari kamar mandi,” kata Oki sapaan akrabnya, Senin (30/3).

Untuk itu pihaknya tengah berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul untuk menyampaikan cara yang benar untuk disinfektan.

“Disinfektan (untuk) di luar rumah atau jalan dan penyemprotan kepada badan orang adalah kurang tepat,” kata dia.

Penyemprotan Disinfektan Kurang Tepat Jika Ke Badan

Oki menjelaskan disinfektan yang saat ini dipakai mayoritas berupa klorin maupun hidroksinperoksida. Bahan kimia ini bersifat iritatif terhadap mukosa tubuh, bila tidak digunakan dengan tepat.

“Mukosa adalah jaringan lapisan terluar yang melapisi dari bagian tubuh bagian dalam. Contohnya mata, hidung, saluran pernapasan,” pungkasnya.

Seperti diketahui sejumlah kampung di DIY sudah marak menyemprotkan disinfektan kepada orang yang datang ke kampungnya. Bahkan di Kalipakis RT 7, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul mereka membuat gerbang disinfektan otomatis.

Muhammad Rizal (36), salah seorang warga yang mencetuskan ide ini berkata gerbang disinfektan yang digunakan asli buatan pabrik. Warga tidak meracik sendiri disinfektan dengan alasan keamanan.

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *