Prabowo Sandi Berjanji Akan Perbaiki Sistem Pengelolaan BPJS

Posted by

Prabowo Sandi Berjanji Akan Perbaiki Sistem Pengelolaan BPJS

Prabowo Sandi Berjanji Akan Perbaiki Sistem Pengelolaan BPJSJuru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Gamal Albinsaid Prabowo Sandi Berjanji Akan Perbaiki Sistem Pengelolaan BPJS

menyebut capres unggulannya akan menaikkan anggaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan jika menang Pilpres 2019.

Kenaikan anggaran ini dilakukan salah satunya dengan cara

mengalokasikan sebagian anggaran yang ada di kementerian lain, misalnya Kementerian Sosial agar BPJS tak mengalami defisit.Prabowo Sandi Berjanji Akan Perbaiki Sistem Pengelolaan BPJS

“Sumber dana bukan diambil dari anggaran kesehatan yang hanya lima persen. Tapi kita bisa ambil dari pos anggaran lain, termasuk salah satunya dari Kementerian Sosial,” kata Gamal di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (13/3).

Gamal pun menjabarkan salah satu faktor yang membuat BPJS ini mengalami defisit lantaran program ini hanya bergantung dari anggaran Kementerian Kesehatan yang jumlahnya pun tak begitu besar dari total anggaran di kementerian tersebut.

Tak hanya berhenti di peningkatan anggaran, Prabowo-Sandi juga kata dia akan lebih rutin mengkampanyekan hidup sehat kepada masyarakat. Kampanye hidup sehat ini dilakukan untuk menekan peningkatan pasien di rumah sakit.

Sistem ini juga bisa dibilang sebagai sistem preventif dan promotif dalam mengatasi permasalahan BPJS

yang terjadi saat ini. Menurut Gamal, selama ini pemerintah hanya melakukan pendekatan kuratif (pengobatan) yang malah membuat BPJS defisit.

“Dampaknya pada pelayanan rumah sakit, karena BPJS tak bisa membayar klaim rumah sakit dan rumah sakit tak bisa membayar tenaga kesehatannya dan juga tak bisa membayar utang farmasi, itu dampaknya,” kata dia.

Solusi lain, kata dia, adalah dengan meningkatkan kepesertaan BPJS. Saat ini, kata Gamal, peserta BPJS memang belum menyeluruh. Pasalnya di beberapa golongan masyarakat, BPJS dianggap tak sejalan dengan syariah atau kultur kebudayaan tertentu.

Maka kata dia, perlu ada integrasi nilai-nilai budaya dan agama dalam BPJS kesehatan ini.Prabowo Sandi Berjanji Akan Perbaiki Sistem Pengelolaan BPJS

“BPJS harus memfasilitasi semua budaya, dan semua agama, sehingga pada konteks untuk meningkatkan penerimaan masyarakat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat,” katanya.

Ditulis Oleh – Feli idntoda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *