Selama 7 Tahun Garuda Indonesia Rugi Ratusan Milliar

Posted by

idntoday Selama 7 Tahun Garuda Indonesia Rugi Ratusan Milliar.PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memutuskan untuk mengakhiri operating lease dengan Nordic Aviation Capital (NAC) untuk sewa 12 pesawat Bombardier CRJ 1000 yang sedianya jatuh tempo pada 2027.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra membeberkan akibat mengoperasikan 12 armada tersebut, pihaknya telah merugi lebih dari USD 30 juta per atau sekitar Rp 420 miliar (kurs USD 1: Rp 14.000).

“Tidak dapat dipungkiri selama 7 tahun kami operasikan ini. Di setiap tahun itu secara rata-rata kami alami kerugian penggunaan pesawat CRJ ini lebih dari USD 30 juta per tahun,” ujar Irfan dalan konferensi pers virtual, Rabu (10/2).

Disebut sebagai kerugian karena ternyata armada Bombardier ini menurut Irfan tidak cocok untuk pasar Indonesia sehingga tidak memberikan keuntungan finansial. Sedangkan, perseroan harus membayar biaya sewa untuk 12 maskapai bombardier yang mencapai USD 27 juta per tahun.

Selama 7 Tahun Garuda Indonesia Rugi Ratusan Milliar

Untuk itulah Garuda Indonesia memilih memutus kontrak sewa secara sepihak dengan NAC sejak 1 Februari 2021 lalu. Irfan mengatakan, pemutusan kontrak tersebut merupakan langkah efisiensi dari perseroan. Dengan demikian perseroan bisa menghemat biaya ratusan juta dolar hingga 2027.

“Apabila kita terminasi Februari sampai akhir masa kontrak (2027), kita akan saving lebih dari USD 220 juta. ini sebuah upaya untuk mengurangi kerugian untuk penggunaan pesawat ini di Garuda,” ujarnya.

Irfan menjelaskan, Garuda Indonesia mengoperasikan total 18 armada Bombardier CRJ 1000. Sebanyak 12 armada menggunakan skema operating lease dari lessor Nordic Aviation Capital (NAC) sebuah perusahaan lessor pesawat yang berbasis di Denmark.

Sementara 6 armada lainnya menggunakan skemafinancial lease dengan penyedia financial lease EDC (Export Development Canada) dari Kanada.

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *