Singapura Berencana Membeli 12 Buah F 35

Posted by

Singapura Berencana Membeli 12 Buah F 35

Singapura Berencana Membeli 12 Buah F 35Singapura Berencana Membeli 12 Buah F 35, jet tempur tercanggih saat ini, sebagai upaya memperbarui armada angkatan udaranya.Singapura Berencana Membeli 12 Buah F 35

Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Han, mengatakan mereka terlebih dulu akan mendatangkan empat buah jet siluman itu untuk gelombang pertama.

Ng menuturkan negaranya akan mempertimbangkan membeli delapan pesawat lainnya jika pembelian pertama sukses.

Harga F-35 yang dijual perusahaan asal Amerika Seikat, Lockheed Martin, itu saat ini dibanderol di kisaran US$90 (Rp1,2 triliun) hingga juta hingga US$115 juta.

Namun, harga itu terus menurun dalam beberapa tahun terakhir lantaran permintaan yang terus menurun.

Meski Singapura telah siap, Ng menuturkan pembelian F-35 ini harus terlebih dahulu disetujui Kongres. Sejauh ini, pemerintah AS disebut mendukung Singapura membeli pesawat-pesawat itu.

Dikutip AFP, Jumat (1/3), pembelian F-35 ini dilakukan Singapura guna menggantikan armada F-16 yang dinilai sudah uzur.

Ng menganggap jet tempur itu paling cocok untuk menggantikan armada ‘Fighting Falcon’. Selain F-16, Singapura yang dianggap mempunyai sistem militer terbaik di Asia Tenggara, juga memiliki jet tempur F-15, helikopter Apache, dan kapal selam.

F-35 merupakan salah satu jet tempur generasi kelima di dunia.

Hasil penjualannya menyumbang sekitar seperempat total pendapatan Lockheed.Singapura Berencana Membeli 12 Buah F 35

Pesawat supersonik ini memiliki karakteristik seperti jet siluman dengan sistem yang memungkinkan pilot untuk menghindari deteksi radar.

Sementara itu, kecanggihan sistem jet tersebut memungkinkan sang pilot melacak keberadaan musuh, memblokir radar, dan menggagalkan serangan lawan.

Sementara itu, kecanggihan sistem jet tersebut memungkinkan sang pilot melacak keberadaan musuh, memblokir radar, dan menggagalkan serangan lawan.

Ditulis Oleh – Feli idntoda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *