Sudah Diet Tapi Berat Badan Tidak Turun

Posted by

idntoday Sudah Diet Tapi Berat Badan Tidak Turun. Banyak orang yang merasa frustasi lantaran berat badannya tak kunjung turun, padahal sudah diet sampai kelaparan.

Satu hal yang perlu diingat, kondisi tubuh setiap orang berbeda. Ada baiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter sebelum memulai program penurunan berat badan.

Dokter dapat membantu menentukan program yang tepat dan aman untuk menurunkan berat badan berdasarkan kondisi kesehatan masing-masing orang.

Di sisi lain, walaupun sudah melakukan cara yang tepat, bisa jadi berat badan tak kunjung turun. Berikut beberapa alasan yang membuat seseorang sulit menurunkan berat badan.

1. Asupan kalori berlebih

Salah satu cara menurunkan berat badan kalori adalah defisit kalori. Artinya jumlah kalori harian yang dikonsumsi lebih sedikit dibanding yang dibutuhkan.

Namun, bila selama program penurunan berat badan tetap mengasup makanan tinggi kalori, maka program tidak akan berhasil.
Mengonsumsi makanan tinggi kalori membuat asupan kalori yang diterima tubuh lebih besar dari yang dibutuhkan.

Sudah Diet Tapi Berat Badan Tidak Turun

2. Kurang minum air putih

Minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan.Suatu studi kecil tahun 2007 menemukan, minum 500 mL (dua cangkir) air meningkatkan pengeluaran energi sebesar 24 persen pada individu yang kelebihan berat badan atau obesitas.

3. Tidak cukup tidur

Menurut suatu penelitian kecil pada tahun 2010, kurang tidur juga dapat mempersulit penurunan berat badan pada orang dewasa.Tinjauan pada 2008 juga menemukan kurang tidur dapat membahayakan metabolisme, proses dalam tubuh yang mengubah kalori menjadi energi.

4. Stres

Stres juga dapat mempersulit penurunan berat badan karena memengaruhi metabolisme tubuh.Saat sedang stres, orang cenderung memilih makanan tinggi kalori.

Selain itu, stres bisa membuat seseorang cenderung tidak punya waktu untuk berolahraga atau memasak makanan sehat.

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *