Tidak Ada Rumus Siap Dalam Kehidupan

Posted by

idntoday Tidak Ada Rumus Siap Dalam Kehidupan.Persiapan menikah bukan sekedar mencari tanggal cantik agar mudah dikenang, tapi persiapan lahir batin untuk hidup bersama seseorang yang akan menemani sepanjang hidup kita.  Buat apa tanggal cantik kalau kemudian pernikahannya bubar, yang ada tanggal itu akan menjadi kenangan buruk.

Pernikahan adalah momen sakral, semua orang secara ideal berkeinginan hanya satu kali saja menikah. Seperti syair sebuah lagu, “oh menikahlah denganku, oh bahagialah selamanya”.

Dalam sebuah ikatan pernikahan sebenarnya terjadi interseksi yang rumit sekali. Pernikahan sesuku, seagama, kelas sosial yang sama saja sudah rumit apalagi pernikahan berbeda suku, beda agama, beda kelas sosial, berbeda kewarganegaraan.  Rumit bukan berarti sulit, dengan cinta harusnya dapat terurai semua kesulitan itu.

Tidak Ada Rumus Siap Dalam Kehidupan

Contoh nyata dalam lingkungan keluarga Indonesia, saat lebaran saja, mudik harus bergantian di keluarga suami atau istri dulu yang dikunjungi. Masih mending satu kota, coba beda kota, beda pulau, apa tidak puyeng.  Itu juga bisa mudik kalau ada biaya, kalau tidak ada hanya ucapan salam saja dari jauh. Itu baru momen lebaran.

Padahal Indonesia kan warganya senang hajatan, hajatan pernikahan, hajatan sunatan, peringatan kematian. Ah jangan dibayangkan nikmati saja prosesnya, nanti juga ada rejekinya.  Nikah dulu, itu kan proses.

Dalam lingkup kecil pernikahan menyatukan dua pribadi yang berbeda, ini saja sudah rumit.  Oleh karena itu kunci utama persiapan pernikahan adalah keikhlasan untuk menerima berbagai kekurangan calon pasangan kita.  Ini sulit, karena meskipun ada yang sudah melewati proses panjang pacaran tetap saja tidak menutup kemungkinan ada hal yang justru muncul saat sudah menikah.

Contoh kecil, saat setelah mandi sabun mandinya tidak dibilas sehingga masih ada busanya, atau ada bulu yang menempel.  Hanya memakai handuk saat keluar kamar mandi.  Itu akan menjadi persoalan apalagi ketika tinggal di rumah mertua.  

Dibuat oleh – Cahyono idntodays.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *