TNI Kirim Pesawat Bawa Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel

Posted by
TNI Angkatan Udara kembali menerbangkan pesawatnya ke Kalimantan Selatan untuk membawa bantuan bagi warga yang terkena dampak bencana banjir, Sabtu (16/1).

idntodays.com — TNI Angkatan Udara kembali menerbangkan pesawatnya ke Kalimantan Selatan untuk membawa bantuan bagi warga yang terkena dampak bencana banjir, Sabtu (16/1).

Kadispen TNI AU, Marsma Indan Gilang, mengatakan bahwa pengiriman pesawat ini merupakan perintah dari Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, untuk membantu penanganan banjir di wilayah tersebut.

“Perintah dari Panglima TNI untuk memberangkatkan alutsista dan personel guna membantu korban bencana alam di Kalimantan Selatan,” kata Indan dalam keterangannya.

Pesawat yang dilibatkan yakni A-1327 dari Skadron Udara 31. Pesawat ini mengangkut perahu karet dan bantuan logistik.

Selain itu, TNI AU juga menerjunkan pesawat A-1330 dari Skadron Udara 33 untuk membawa bantuan logistik serta personel.

“Kedua pesawat tersebut sudah berangkat menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan, guna membantu korban terdampak bencana banjir,” ucap Indan.

Banjir menerjang Kalimantan Selatan sejak Kamis (14/1) akibat hujan yang mengguyur wilayah tersebut selama hampir 12 jam hingga akhirnya air sungai meluap.

Akibatnya, sebanyak 21.990 warga terdampak dan harus mengungsi. Selain itu, banjir juga menyebabkan akses jalan dari Palaihari-Banjarmasin terputus.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo(Jokowi)  memerintahkan lembaga dan kementerian terkait untuk segera memberi bantuan ke warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan.

“Secepat-cepatnya mengirim bantuan, terutama yang berkaitan dengan perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di Kalimantan Selatan,” kata Jokowi dalam siaran akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (15/1).

Khusus untuk bencana banjir di Kalsel ini, Jokowi juga meminta Kepala BNPB, Doni Monardo, dan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, turun tangan. Dua pejabat ini diminta untuk mengirim bantuan yang dibutuhkan para korban.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *